Ma’ruf Cahyono terpilih sebagai Ketua KAFH Universitas Jenderal Soedirman

Alumni Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman yang terhimpun dalam Keluarga Alumni Fakultas Hukum (KAFH) Universitas Jenderal Soedirman melakukan dua acara sekaligus yakni Halalbihalal Hari Raya IdulFitri 1414 H dan Pelantikan Pengurus KAFH Universitas Jenderal Soedirman Masa Bakti Tahun 2020-2025, secara virtual, Selasa (2/6). (Foto:Jpnn)

Purwokerto – Alumni Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman yang terhimpun dalam Keluarga Alumni Fakultas Hukum (KAFH) Universitas Jenderal Soedirman melakukan dua acara sekaligus yakni Halalbihalal Hari Raya IdulFitri 1414 H dan Pelantikan Pengurus KAFH Universitas Jenderal Soedirman Masa Bakti Tahun 2020-2025, secara virtual, Selasa (2/6) dari pukul 19.00 WIB hingga 23.00 WIB, para.

Video conference yang diikuti oleh ratusan anggota KAFH Universitas Jenderal Soedirman itu, Rektor Universitas Jenderal Soedirman Prof. Dr. Ir. Suwarto MS, Dekan Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Prof. Dr. Ade Maman Suherman MSc, Ketua Keluarga Alumni Universitas Jenderal Soedirman, Astera Primanto Bhkati serta tokoh dan alumni lainnya.

Ade Maman Suherman mengukuhkan Sesjen MPR Dr. Ma’ruf Cahyono sebagai Ketua KAFH Universitas Jenderal Soedirman Masa Bakti 2020-2025.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Prof. Ade Maman Suherman, atas berkenannya mengukuhkan kepengurusan KAFH Universitas Jenderal Soedirman,” ujar Ma’ruf Cahyono.

Ma’ruf Cahyono terpilih sebagai Ketua KAFH Universitas Jenderal Soedirman secara aklamasi pada Musyawarah Nasional Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto pada tanggal 21 Februari 2020 bertempat di Hotel Java Heritage, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Dalam kepengurusan ini, Ma’ruf Cahyono didampingi Suwardi sebagai Wakil Ketua Umum dan Imarotun Noor Hayati M SH SpN sebagai Sekretaris Jenderal. Sedang Dr. Tedi Sudrajat SH MH sebagai Wakil Sekretaris Jenderal. Sementara itu, Sri Wahyuni Handayani dipercaya sebagai Bendahara Umum didampingi Ivada Widiastuti sebagai Wakil Bendahara Umum.

Peran Ikatan Alumni Bagi Perguruan Tinggi

Peran Ikatan Alumni dalam Membantu Adik Tingkat Alumni sebagai produk akhir yang dihasilkan perguruan tinggi keberadaannya berperan penting bagi kualitas dan eksistensi dari perguruan tinggi yang meluluskannya.

Oleh sebab itu, upaya strategis dalam rangka memperhatikan keberadaan alumni ini harus dilakukan, karena selain menjadi sasaran mutu sebuah perguruan tinggi, alumni juga menjadi media evaluasi dan tolak ukur kesuksesan sebuah perguruan tinggi.

Alumni merupakan tolak ukur kesuksesan sebuah lembaga pendidikan. Hal ini mengindikasikan bahwa keberadaan alumni seharusnya dapat dijadikan kriteria keberhasilan sebuah lembaga pendidikan dalam mencetak produk lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Jika alumni dapat diserap secara maksimal di dunia kerja dan masyarakat sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya, berarti perguruan tinggi tersebut telah sukses menjadi sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas dan bermutu.

Alumni menjadi salah satu aspek pengembangan pendidikan tinggi terkait dengan keberadaan dan peranannya di tengah-tengah masyarakat.

Alumni memegang peranan penting dalam memberikan masukan terhadap proses dan perbaikan bagi lembaga pendidikan itu sendiri termasuk perguruan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan alumni sesungguhnya tidak hanya dipandang sebagai bagian dari hasil suatu proses pendidikan, akan tetapi lebih dari itu.

Alumni dapat berperan sebagai kontrol evaluasi bagi kemajuan sebuah perguruan tinggi. Hal ini dapat dilakukan dengan feedback yang dapat diberikan alumni terhadap perbaikan proses belajar mengajar, kurikulum, muatan mata kuliah, bahkan terhadap kualitas dosen (Basri, 2011).