Putra Daerah Kebumen Menjadi Mentri Perdagangan

rs Suhanto MM, putra daerah asal Kebumen mendapat promosi jabatan di lingkungan Kementrian Perdagangan (Kemendag). (Foto: Humas Kemendag)

Kebumen – Drs Suhanto MM, putra daerah asal Kebumen mendapat promosi jabatan di lingkungan Kementrian Perdagangan (Kemendag). Suhanto merupakan alumnus SMP Negeri 3 kebumen tahun1979.

Sebelumnya Pria asal Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung ini menjabat Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri sejak Agustus 2019. Jumat 29 Mei 2020 Suhanto dilantik menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementrian Perdagangan.

Pelantikan Suhanto dilakukan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto bersama tiga orang Pimpinan Tinggi Madya lainnya, yaitu Kasan sebagai Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Oke Nurwan sebagai Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan serta Indrasari Wisnu W sebagai Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga.

Upaya Meningkatkan SDM Unggul

Sebagai konsekuensi dari era globalisasi, adalah tingginya tingkat persaingan dan tantangan yang ditimbulkannya. Suka atau tidak suka, ini merupakan suatu realitas yang harus dihadapi setiap warga bangsa.

Salah satu upaya mengantisipasi adanya kemunduran dalam aspek sosial, ekonomi, politik, teknologi, pendidikan dsb adalah dengan menciptakan berbagai sumber daya manusia unggul yang memiliki kemampuan berbuat sesuatu bagi bangsanya.

Manusia Unggul, yaitu manusia yang senantiasa mengembangkan sifat-sifatnya untuk dapat menciptakan :

  1. Networking
  2. Teamwork
  3. Mencintai Kualitas yang tinggi

Keunggulan individualistik, yaitu manusia yang unggul tetapi keunggulannya dipergunakan untuk dirinya sendiri, kepuasan pribadinya ataupun memupuk kekuasannya.

Keunggulan partisipatoris, yaitu manusia yang unggul dan ikut serta secara aktif di dalam persaingan yang sehat untuk mencari yang terbaik, dan menuntut dirinya untuk senantiasa menggali potensi individualnya guna terciptanya masyarakat yang sadar akan kewajibann dan hak-haknya. Manusia unggul yang partisipatoris harus mengembangkan sifat-sifat :

  1. Membangun jaringan kerjasama (network) yang tangguh
  2. Penciptaan kerjasama yang kuat (teamwork)
  3. Berkaitan dengan keduanya di atas adalah menciptakan sesuatu yang memiliki kualitas yang tinggi, yang ditunjang dengan kecenderungan untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya sebagai manusia.

Semua itu dapat dikembangkan melalui dedikasi dan disiplin, jujur, inovatif, tekun dan ulet (Satar, 2002).