Donor Darah Bersama Pemuda Pancasila Banyumas

Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Banyumas menggelar kegiatan donor darah di Pendopo Sipanji Purwokerto, Senin (01/6). (Foto: Pemkab Banyumas)

Purwokerto – Aksi sosial ini diegelar dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila sekaligus untuk memenuhi kebutuhan darah yang saat ini mengalami penurunan stok, karena pandemi corona maka Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Banyumas menggelar kegiatan donor darah di Pendopo Sipanji Purwokerto, Senin (01/6).

Yudho Fristiono Sudiro yang akkab dipanggil Iteng selaku Ketua MPC PP Banyumas mengatakan, misi kemanusiaan yang dilakukan berupa kegiatan donor darah merupakan aksi nyata dalam memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Dia berharap kedepan setiap tanggal satu Juni Kader Pemuda Pancasila dapat memndonorkan darahnya.

“Menurut kami Donor Darah adalah bagian dari bela negara. Dijaman yang sudah damai ini, bela negara bukan lagi angkat senjata atau perang. Tetapi lebih untuk menyelamatkan nyawa orang lain melalui darah yang di donorkan,” katanya

Iteng menambahkan kegiatan terlaksana kerja sama dengan PMI Kabupaten Banyumas dan Pemkab Banyumas. Mengingat , kondisisaat ini ditengah covid-19 dan juga demam berdarah dinilai akan membutuhkan banyak darah. Selain kegiatan donor darah, Pemuda Pancasila secara serentak juga melakukan pembagian 2000 masker, ikut membantu razia masker serta membagikan 1000 nasi box.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengapresiasi, kegiatan yang digelar Pemuda Pancasila dalam Memperingati Hari Lahir Pancasila. Menurutnya memperingati Hari Lahir Pancasila itu harus intropeksi diri.

“Sudahkah kita betul-betul mengamalkan Pancasila dengan benar atau hanya slogan dan awang-awang saja. Dengan wujud nyata derma dan berbagi seperti kegiatan inilah menjadi bukti dan salah satu wujud hakekat dari manusia Pancasila itu,” katanya.

Selain derma dan berbagi, menurut bupati manusiai pancasila itu suka bergotong royong, bersimpati, berjiwa kesatria, mau berkorban, membela yang benar, pantang menyerah, suci dalan perkataan dan perbuatan.

Pada kegiatan ini dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Bupati Husein dan Ketua Tim Penggerak PKK Erna Husein yang dierahkan kepada Ketua MPC Pemuda Pancasila Iteng Yudho Fristiono Sudiro.

Petugas PMI berhasil memgumpulkan 191 kantong darah dalam kegiatan donor darah Pemuda Pancasila Kabupaten Banyumas ini. Selain Kader yang donor juga hadir semua unsur pengurus inti dan Ketua Lambaga Pemuda Pancasila yang mana sekitar 300 kader yang hadir.

Rajin Donor Darah Berikan Banyak Manfaat

Berikut adalah beberpa manfaat kesehatan untuk orang yang rutin melakukan donor darah:

Pertama yakni menjaga kesehatan jantung, tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol.

Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

Kedua, yakni meningkatkan produksi sel darah merah, donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang.

Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru.

Ketiga, membantu menurunkan berat badan, menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping.

Keempat, yakni mendapatkan kesehatan psikologis, menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.

Kelima, yakni mendeteksi penyakit serius, setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sedangkan untuk kita, ini adalah “rambu peringatan” yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri.

Darah memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan. Fungsi ini dilaksanakan oleh hemoglobin yang terdapat pada sel darah merah. Hemoglobin terdiri dari protein dan zat besi.1 Zat besi sangat penting dalam pembentukan hemoglobin.

Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia, sedangkan kelebihan kadar besi dalam darah dapat menyebabkan atherosclerosis (Palang Merah Indonesia).