Babinsa Rowokele Latih PBB Guna Siapkan Lomba Pesta Siaga

Babinsa Koramil 21/Rowokele Serma Suratno dan Serda Nur Cahyanto melatih PBB siswa SD N 1 Pringtutul dalam rangka kesiapan lomba pesta siaga 2020 tingkat Kabupaten Kebumen, Rabu(11/3). (Foto:Beritamerdekaonline)

Kebumen – Babinsa Koramil 21/Rowokele Serma Suratno dan Serda Nur Cahyanto melatih PBB siswa SD N 1 Pringtutul dalam rangka kesiapan lomba pesta siaga 2020 tingkat Kabupaten Kebumen. Kegiatan tersebut dilaksanakan halaman SD Negeri 1 Pringtutul wilayah RT 06 RW 01 Desa Pringtutul, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, Rabu (11/3).

Latihan PBB ini dilakukan guna kesiapan menghadapi lomba pesta siaga tingkat Kabupaten Kebumen yang akan digelar pecan depan. Disela-sela kegiatannya Serma Suratno menyampaikan, “Saya menginginkan anak-anak memiliki sikap PBB yang benar sesuai buku petunjuk, latihan ini tentunya tidak untuk persiapan lomba saja, tetapi diarahkan pada pembentukan sikap dan karakter anak, sehingga harapan kita mereka akan bisa memberikan warna sekolah ini,” ungkap Suratno.

Suratno menambahkan, latihan ini bertujuan khusus yakni memberikan motifasi belajar siswa agar lebih giat dan optimal dalam berlatih serta menanamkan jiwa nasionalisme kepada anak sejak dini, ungkapnya.

Mengenai pengenalan PBB kepada siswa SD, menurut Serma Suratno masih dalam tahap mampu melaksanakan dan mengerti tentang aturan baris berbaris karena kedepan diharapkan para siswa tersebut sebagai cermin jika ditunjuk pada efen-efen tertentu seperti upacara dan lomba. Lanjut dia, Saya berikan latihan baris berbaris ini sebagai dasar untuk memiliki sikap dan disiplin yang baik nantinya, imbuhnya.

Kepala SD N 1 Pringtutul Kinkin Winarsih S.Pd. SD, selama ini TNI merupakan figur yang terkenal kedisiplinannya oleh karenanya diharapkan nantinya dengan melihat figur dari TNI bisa terinspirasi. Pihak sekolah mengucapkan terimakasih kepada Koramil yang sudah melatih dan memberikan materi-materi persiapan pesta siaga salah satunya yaitu materi PBB ini. Semoga SD Negeri 1 Pringtutul bisa mengikuti lomba dengan lancar dan bisa menampilkan yang terbaik, ujar Kepala Sekolah.

Gerakan Pramuka Pembentuk Karakter Anak Bangsa

Pentingnya pendidikan karakter dalam kehidupan merupakan hal prinsip yang banyak diperbincangkan. Gerakan pramuka menjadi salah satu pembentuk karakter bangsa diantaranya berjiwa patriot, nasionalisme, cinta kepada Tuhan, cinta kepada sesama, dan cinta kepada alam, mengajarkan gotong royong, disiplin, mandiri, saling menolong, menghargai, kepedulian sosial dan lingkungan.

Asnawi dan Triwahyuningsih (2014) menjelaskan bahwa untuk dapat tercapainya tujuan pendidikan karakter, dilakukan kegiatan-kegiatan melalui jalur sekolah dan jalur luar sekolah. Jalur luar sekolah tersebut diantaranya adalah pendidikan kepramukaan.

Pendidikan kepramukaan dilaksanakan untuk menunjang pencapaian tujuan pendidikan nasional. Misalnya dalam mengembangkan karakter kepemimpinan, karena didalamnya terdapat nilai-nilai leadership yang dikembangkan. Karakter kepemimpinan perlu dikembangkan sejak dini kepada peserta didik, karena peserta didik merupakan generasi pemimpin bangsa selanjutnya.

Kegiatan pramuka di sekolah dalam bentuk ekstrakulikuler dilaksanakan bertujuan untuk mengaitkan pengetahuan yang diperoleh dalam program kulikuler berdasarkan keadaan dan kebutuhan lingkungan.

Gerakan Pramuka harus mampu mendidik dan membina generasi muda kita untuk tidak mudah putus asa, pantang menyerah dan dengan penuh keberanian menghadapi berbagai tantangan. Kegiatan pramuka banyak menanamkan nilai-nilai karakter terutama karakter kepedulian sosial dan kemandirian ciri.

 

Add Comment