Babinsa Karanggayam Latihan Serius dalam Tata Cara Upacara Bendera

Babinsa Koramil 05/Karanggayam Serda Eka Mardiyanto melaksanakan pembinaan dan pelatihan peraturan baris-berbaris (PBB) dan tata upacara bendera (TUB) di SMP N 1 Karanggayam, Rabu (11/03). (Foto: Lensagaruda)

Kebumen – Babinsa Koramil 05/Karanggayam Serda Eka Mardiyanto melaksanakan pembinaan dan pelatihan peraturan baris-berbaris (PBB) dan tata upacara bendera (TUB) di SMP N 1 Karanggayam, Rabu (11/03).

Kegiatan diikuti para siswa/siswi SMP N 1 Karanggayam yang didampingi Guru olah raga Sutoyo. Sasaran yang ingin dicapai pada latihan itu, menurut Serda Eka sapaan akrabnya, untuk menyiapkan penampilan terbaik dala mengikuti lomba PBB dan TUB yang akan digelar tanggal 16 Maret 2020 mendatang di Kampus IAINU Kebumen. Ujar Eka, Para siswa/siswi kami bekali bukan saja praktek langsung namun pengetahuan teori di lapangan, kami berharap mereka bisa melakukan yang terbaik bagi sekolahnya.

Serda Eka Mardiyanto juga lebih jauh mengatakan, Latihan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan menanamkan jiwa korsa, cinta tanah air, meningkatkan disiplin dan berlatih bertanggung jawab,” Jelas Eka.

Menciptakan Lingkungan yang Baik dalam Membentuk Karakter Anak

Lebih jauh Lickona (2014) menegaskan untuk menciptakan budaya sekolah agar memiliki moral positif ada lima unsur yang perlu dilakukan yaitu; (a) kepemimpinan moral dan akademis dari kepala sekolah, (b) disiplin dalam lingkungan sekolah yang memberi teladan, mendorong, dan menjunjung tinggi nilai-nilai seluruh lingkungan sekolah, (c) kesadaran komunitas di seluruh lingkungan sekolah, (d) organisasi siswa yang melibatkan para siswa dalam mengurus diri sendiri dan menumbuhkan perasaan “ini adalah sekolah kami, sehingga kami bertanggung jawab untuk menjadikan sekolah terbaik”, dan (e) menunjujung arti penting moralitas dengan memberi waktu khusus untuk menangani urusan moral.

Peran kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa yaitu sebagai manajer yaitu, sebagai penentu kebijakan yang mampu mengakomodir seluruh kebutuhan siswa terkait pendidikan karakter, kemudain sebagai pemimpin yaitu, memberikan petunjuk dan pengawasan, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan berkomunikasi.

Mendorong semua guru dan karyawan untuk menjadi model karakter yang baik bagi semua siswa dan membentuk dan mendukung kerjanya tim budaya sekolah dan karakter dalam memperkuat pelaksanaan dan pembudayaan nilai, norma, dan kebiasaan-kebiasaan karakter lingkungan sekolah (Ajamin dan Marzuki, 2019).

Peran-peran yang perlu dijalankan dalam linggkungan pendidikan formal guna mencapai lingkungan yang baik bagi siswa adalah sebagai berikut:

  1. sebagai pendidik yaitu, peran yang berkaitan dengan tugas memberikan bantuan dan dorongan terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat;
  2. sebagai teladan yaitu, guru menjadikan dirinya sebagai panutan bagi siswa
  3. motivator yaitu, dengan adanya kemampuan guru dalam membangkitkan spirit, etos kerja, dan potensi yang luar biasa dalam diri peserta didik;
  4. sebagai pengajar dan pembimbing dalam pengalaman belajar yaitu, setiap guru harus memberikan pengetahuan, keterampilan pada siswa;
  5. pelajar yaitu, guru selalu mendidik karakter dan keterampilan yang berkaitan dengan tugas kemanusiaan.