TMMD di Karangmangu Purwojati Perbaiki Rumah Tidak Layak Huni Milik Warga Setempat

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0701 Banyumas melakukan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Sudaryono. (Foto: Pemkab Banyumas)

Karangmangu, Banyumas- Bersama dengan masyarakat, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0701 Banyumas membantu salah satu warga. Kali ini, TMMD membantu Sudaryono untuk merenovasi rumahnya.

Pasiter Kodim 0701 Banyumas Kapten Inf Putut Widodo mengatakan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Sudaryono ini bantuan dari Baznas Kabupaten Banyumas. Program ini dilaksanakan pada hari ke 5 TMMD di Karangmanngu Purwojati.

Program ini dilaksanakan bersama dengan masyarakat, Jumat (20/03/2020). Bedah rumah merupakan sasaran tambahan program TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2020 di Desa Karangmangu. TNI bersama masyarakat bahu membahu bergotong royong dengan warga melakukan pengerjaan kegiatan sasaran fisik pembangunan RTLH.

“Tujuan TMMD diantanya adalah agar warga yang tidak mampu bisa menikmati kenyamanan tempat tinggal serta kesehatan tempat tinggal,” kata Putut Widodo.

Menurutnya, program pembangunan rumah seperti ini tidak hanya dibeikan kepada Sudaryono. Pembangunan rumah nantinya berjumlah 6 rumah diberikan kepada warga yang benar-benar tidak mampu dalam segi perekonomian dan tempat tinggal sudah tidak layak dihuni.

“Sasaran tambahan RTLH sebanyak 6 rumah masing-masing milik Angkunafi Rt. 03/01, Fladdludin Rt 07/04, Sahidi Nasa Rt 05/04, Sudaryono Rt 05/03, Nasitem Rt 02/02 dan Ritem Rt 01/05 masih dalam persiapan,” katanya

TNI Bersama Masyarakat

Kapten Inf Putut Widodo menambahkan TNI dalam bekerja melibatkan rakyat, yang berarti memberi gambaran cara tepat melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan. Budaya gotong royong yang dianggap telah hilang kembali dihadirkan TNI ditengah masyarakat.

“Sebuah contoh budaya yang positif yang perlu dilestarikan dan diwariskan untuk generasi milenial saat ini,” tambahnya.

Konsep gotong royong merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama Rakyat. Hal ini yang diupayakan oleh TNI untuk terus dilestarikan.

Sementara itu Sudaryono pemilik rumah ini mengaku merasa sangat senang dan terharu dengan bantuan pembangungan rumah miliknya

“Saya merasa sangat senang dan sangat berterima kasih kepada TNI atas program ini dan berharap bagi warga yg senasib rumahnya seperti saya mohon di perhatikan untuk di bantu,” katanya

Proram TMMD tidak hanya renovasi rumah tidak layak huni, beberapa waktu lalu, memasuki pelaksanaan hari kedua TMMD di Desa Karangmangu Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas, Selasa (17/3) juga fokus pada sasaran utama pembangunan fisik berupa pengapalan jalan sepanjang 1.555 x 2,50 meter dan pembangunan talud panjang 128 M³.

Pembangunan dan pengaspalan jalan itu menghubungkan Kadus III dengan Kadus I Grunbul Pasangrahan Desa Karangmangu Kecamatan Purwojati.

Pasiter Kodim 0701 Banyumas Kapten Inf Putut Widodo mengatakan, pelaksanaan TMMD hari ke-2 telah melakukan pengaspalan jalan mencapai 10 %, pekerjaan pengerasan jalan 15 % dan pekerjaan pembangunan talud 8 %.

Putut menambahkan hari kedua ini pihaknya mengerahan tenaga terdiri TNI 40 orang, Polri 5 orang, Pemkab 2 orang, Pemdes 5 orang, teknisi 2 orang dan masyarakat 30 orang.