UMP Antisipasi Virus Corona

Akademisi Kesehatan UMP menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan dan waspada terhadap virus Corona (Sumber: Website UMP).

Purwokerto- Pemberitaan mengenai Virus Corona sudah ramai diperbincangkan oleh masyarakat ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa terdapat dua warga negara Indonesia positif terjangkit virus corona (Covid-19). Mengingat adanya pemberitaan tersebut, akademisi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyampaikan beberapa panduan pencegahan virus Covid-19.

Akademisi Fakultas Ilmu Kesehatan yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Jebul Suroso menjelaskan, ada beberapa cara untuk mencegah virus corona dengan Gerakan masyarakat hidup sehat. Beberapa diantaranya yaitu dengan makan-makanan yang bergizi seimbang, rajin berolahraga serta istirahat yang cukup. Selain itu, cuci tangan dengan sabun, minum air mineral sekitar 8 gelar perhari dan juga memakai masker apabila sedang dalam kondisi yang tidak fit.

“Kami juga menghimbau seluruh Keluarga Besar Universitas Muhammadiyah Purwokerto untuk melindungi diri atau mengurangi interaksi dengan keluarga atau kolega yang mengalami gejala – gejala influenza dengan memakai masker yang dijadikan standard,” jelas Dr. Jebul dilansir dari laman resmi Universitas Muhammadiyyah Purwokerto.

Kemudian Dr. Jebul menghimbau kepada seluruh Keluarga Besar Universitas Muhammadiyah Purwokerto untuk melakukan upaya kewaspadaan terhadap COVID-19 dengan melakukan penyebaran informasi atau literasi kesehatan dari sumber resmi dan terpercaya tanpa membuat panik.

Persiapan UMP dalam menghadapi virus Corona yaitu dengan menyediakan fasilitas cuci tangan dan juga membuat ketentuan pada petugas kebersihan untuk membersihkan tempat-tempat yang sering terpegang oleh tangan.

“Seperti meja terutama pada ruang – ruang rapat, kursi, gagang pintu, gagang jendela, papan tombol lift, pegangan tangga, dan lain – lain dengan disinfektan atau larutan kaporit 0,1% sesuai standard WHO,” pungkasnya.

Makna Kualitas Hidup Sehat

Kesehatan merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan. Kesehatan diartikan sebagai kondisi fisik, mental dan sosial yang terbebas dari gangguan penyakit sehingga aktivitas yang berjalan di dalamnya dapat terjadi secara optimal. Untuk mencapai kesehatan yang optimal, diperlukan adanya proses pengelolaan lingkungan sekitar dan aktivitas harian yang tercermin dalam gaya hidup sehat (Endang & Nur, 2018).

Menurut Endang & Nur dalam Becker, perilaku kesehatan dibagi menjadi tiga, yakni pengetahuan kesehatan (health knowledge), sikap terhadap kesehatan (health attitude) dan praktik kesehatan (health practice). (1) Pengetahuan kesehatan, yaitu mencakup apa yang diketahui oleh seseorang terhadap cara-cara memelihara kesehatan. (2) Sikap terhadap kesehatan, yaitu pendapat atau penilaian seseorang terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pemeliharaan kesehatan, dan (3) Praktik kesehatan, yaitu semua kegiatan atau aktivitas orang dalam rangka memelihara kesehatan (dalam Jurnal yang berjudul Konstruksi Makna Kualitas Hidup Sehat (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta).