Wisata Terbaru di Kebumen: Kampung Keteb

Kebumen miliki destinasi wisata terbaru bernama Kampung Keteb yang baru saja diresmikan pada Minggu (1/3) (Sumber Foto: Kebumen Ekspress).

Ayah– Kebumen memiliki destinasi wisata terbaru yang tak kalah menarik dari wisata yang lainnya, yakni Wisata Kampung Keteb. Wisata tersebut baru saja diresmikan pada Minggu (1/3/2020) di Dukuh Nusatutub RT 03 RW 06 Desa Jatijajar Kecamatan Ayah oleh Bupati Yazid Mahfudz.

Ketua Pengelola Kampung Keteb, Muhtar Fauz, menyampaikan Kampung Keteb merupakan destinasi wisata yang menampilkan kekayaan alam berupa areal persawahan. “Nama Keteb sendiri diambil dari istilah sebuah tempat di pinggiran sawah,” terangnya, dikutip dari Kebumen Ekspress.

Kampung Keteb menyajikan konsep wisata beredukasi yang memadukan wisata alam dan kuliner. Terdapat berbagai macam sistem edukasi berupa pembelajaran seperti gamelan, hidroponik dan juga outbond.

Selain disuguhkan dengan pemandangan areal persawahan yang menawan, disajikan pula kuliner khas Jatijajar yang memanjakan lidah, serta dilengkapi dengan permainan anak tradisional dan kolam renang.

Bupati Yazid Mahfudz, mengatakan Kampung Keteb menjadi bagian dari eduwisata di Kabupaten Kebumen. “Kampung Keteb salah satu destinasi wisata pendidikan. Oleh karenanya kita akan bantu promosi,” kata Yazid Mahfudz.

Pemanfaatan Objek Wisata sebagai Wisata Edukasi

Pengertian objek wisata secara umum menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia N0. 24/1979, adalah sebagai perwujudan dari pada ciptaan manusia, tata hidup, seni budaya, serta sejarah bangsa dan tempat atau keadaan alam yang mempunyai daya tarik wisata bagi wisatawan untuk dikunjungi. Sedangkan wisata edukasi atau edutourism merupakan suatu program dimana wisatawan berkunjung ke suatu lokasi wisata dengan tujuan utama untuk memperoleh pengalaman pembelajaran secara langsung di obyek wisata tersebut (Nur, Betha dan Nurachmad: 2012).

Winarto (2016) menjelaskan beberapa manfaat dari pelaksanaan edutourism adalah sebagai berikut: (a) Masyarakat dapat memperoleh pengalaman langsung dari objek yang diilihat, (b) Masyarakat dapat berpartisipasi dalam berbagai macam pembelajaran yang disajikan sehingga dapat mengembangkan bakat khusus atau keterampilan mereka, (c) Masyarakat dapat memperdalam dan memperluas pengalaman, (d) Masyarakat dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman