Mengekspresikan Karya Seni di Galeri Seni SMAN 1 Kebumen

Peresmian Galeri Seni SMAN 1 Kebumen oleh Wakil Bupati Kebumen pada pada Senin (24/2) di SMAN 1 Kebumen. (Sumber: Website Kabupaten Kebumen)

Kebumen– Galeri seni SMAN 1 Kebumen baru saja diresmikan oleh Wakil Bupati H Arif Sugiyanto pada Senin (24/2). Galeri berukuran 8 x 18 meter persegi ini bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran seni dan budaya dan pariwisata Kebumen. Galeri ini diperuntukkan bagi seluruh pelajar dan masyarakat dalam Kebumen maupun luar Kebumen serta dapat dimanfaatkan dengan baik bagi siapapun untuk memamerkan karya seninya.

“Semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh banyak pihak untuk sesuatu yang positif.” ujar Wakil Bupati Kebumen, dikutip dari laman resmi Kabupaten Kebumen.

Tujuan dibangunnya galeri seni SMAN 1 Kebumen ini adalah memberikan ruang dan kesempatan kepada para pelajar maupun masyarakat untuk mengekspresikan karya seni dan budayanya. Sementara itu, Kepala SMA N 1 Kebumen Rachmat Priyono MM, berharap dengan adanya galeri seni ini bisa mengedukasi masyarakat, termasuk mengenalkan potensi pariwisata yang dimiliki Kebumen, seperti Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong (GNKK).

“Harapannya, bisa memotivasi pelajar dan masyarakat Kebumen dalam mengembangkan bakat seni dan menambah wawasan keilmuan tentang budaya dan pariwisata. Setiap saat galeri ini terbuka dan bisa dikunjugi para pelajar maupun masyarakat,” ujar Rachmat Priyono.

Berbagai karya seni terpampang dengan rapi pada saat peresmian. Diantaranya berupa karya seni seperti seperti seni lukis, kerajinan, aneka foto peristiwa dan obyek wisata, serta lainnya. Rachmat menjelaskan bahwa semua karya seni yang berada di galeri tersebut merupakan karya para siswa SMAN 1 Kebumen serta kreatifitas dari masyarakat pula. Galeri ini bisa dimanfaatkan untuk siapa saa yang ingin menampilkan karyanya.

Seorang siswi kelas XI SMA N 1 Kebumen, Daltafika Dahayuna Atikah mengaku, keberadaan galeri seni di sekolahnya itu memberi banyak manfaat positif serta menambah pengetahuan khususnya pariwisata yang terdapat di Kebumen.

Pendidikan Seni sebagai Penunjang Kreatifitas

Suhaya (2016) menyatakan bahwa seni merupakan istilah yang identik dengan keindahan, kesenangan, dan rekreasi. Setiap orang dinilai memiliki kreatifitas dan kecerdasannya masing-masing di dalam kesenian. Seni dapat memfasilitasi setiap orang untuk menuangkan atau mencurahkan segala kreativitas berdasarkan kehendak masing-masing orang itu sendiri. Seiring perkembangan zaman, pendidikan seni dapat menunjang atau mempengaruhi kreativitas seseorang.

Dalam Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni mengatakan bahwa pada dasarnya, konsep pendidikan seni ada dua macam, yang pertama yaitu konsep pendidikan seni yang berkaitan dengan aspek ekspresi artistic dan kedua yaitu konsep pendidikan seni yang dikaitkan dengan tujuan pendidikan. Beberapa konsep pendidikan seni yang pernah ada antara lain: (1) Gerakan Reform, (2) Konsep Pendidikan Seni untuk Apresiasi, (3) Konsep Pendidikan Seni untuk Pembentukan Konsepsi, (4) Konsep Pendidikan Seni untuk Pertumbuhan Mental dan Kreatif, (5) Konsep Seni sebagai Keindahan, (6) Konsep Seni sebagai Imitasi dan (7) Konsep Seni sebagai Hiburan yang Menyenangkan (Suhaya, 2016).