LDC UMP Gelar Kegiatan Workshop Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris

Daily Banyumas
Universitas Muhammadiyah Purwokerto melalui Language Development Center (LDC) menggelar kegiatan workshop pengembangan pembelajaran bahasa inggris berbasis komputer dan mobile asisten learning pada Kamis dan Jumat, 13-14 Februari 2020. (Sumber: Website UMP Purwokerto)

Kembaran, Purwokerto – Bertempat di Ruang Sidang Gedung Rektorat UMP, Universitas Muhammadiyah Purwokerto melalui Language Development Center (LDC) menggelar kegiatan workshop pengembangan pembelajaran bahasa inggris berbasis komputer dan mobile asisten learning pada Kamis dan Jumat, 13-14 Februari 2020.

Kepala Bidang Program Pengayaan Bahasa Inggris LDS Bustanuddin As Suaidy MA mengungkapkan, dukungan teknologi saat ini sudah tidak lagi menjadi opsi melainkan sudah menjadi kebutuhan, dilansir dari laman resmi Universitas Muhamadiyyah Purwokerto.

“Begitu juga mahasiswa telah banyak yang mengikuti proses perkembangan tekhnologi dalam proses belajar mereka, sehingga sistem, atau metode pembelajaran itu juga harus didukung oleh penggunaan komputer ataupun penggunaan media yang berbasis aplikasi android,” ungkapnya.

Acara yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi metode mengajar dan kualitas program pengayaan bahasa inggris ini diikuti sedikitnya 30 peserta, 26 dari staf pengajar LDC, beberapa kolega dari pendidikan bahasa inggris dan sastra inggris serta beberapa guru SMA.

“Kita akan menghadapi semester akademik baru pada Februari ini dan ini merupakan agenda tahunan yang berujuan untuk terus belajar bagi para instruktur LDC, seta memperdalam ilmu terkait dengan tekhnologi, dan pengajaran. Selain itu LDC juga akan menghadapi sertifikasi ISO sehingga kami merasa kebutuhan untuk meningkatkan kompetensi pengajaran harus terus ditingkatkan,” ujar Bustanuddin dilansir dari laman resmi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Ketua LDC Sefurrohman PhD mengatakan saat ini, kita berada pada era teknologi informasi dan komunikasi yang menuntut untuk memiliki kemampuan yang baik dalam penggunaan teknologi dan bahasa.

“Teknologi dan bahasa merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia dimana manusia selalu berurusan dengan teknologi dan bahasa dalam kesehariannya. Teknologi dan bahasa itu sendiri memiliki fungsi yang sama, yaitu membawa masyarakat ke peradaban yang lebih tinggi melalui komunikasi,” jelasnya.

Menurutnya, perkembangan teknologi seperti smartphone yang didukung oleh layanan internet telah menjadi sebuah budaya bagi masyarakat. Karena saat ini, smartphone dan internet hampir tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya.

“Smartphone dan perangkat mobile lainnya bukan lagi benda yang asing bagi masyarakat sekarang dimana hampir sebagian besar masyarakat dari segala golongan memilikinya. Bahasa Inggris dipelajari di hampir semua tingkat pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga tingkat perguruan tinggi. Hal ini menandakan bahwa bahasa Inggris sebagai bahasa asing pengantar dalam dunia global telah berkembang sedemikian pesatnya di Indonesia,” jelasnya.

Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Komputer

Bahasa memiliki peran penting dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional seseorang. Pembelajaran bahasa diharapkan dapat membantu seseorang mengenal dirinya, budayanya dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu seseorang mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya (Lestia, Adelina dan Ujang, 2015).

Dalam Jurnal yang berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbantuan Komputer Menggunakan Instructional Games Uuntuk Sma Kelas Sebelas Di Kabupaten Lampung Timur, terdapat berbagai bentuk media berbasis komputer yang memungkinkan pembelajaran dikemas secara menarik dan lebih efektif. Salah satu contohnya adalah penggunaan CD Pembelajaran yang dapat memuat berbagai unsur antara lain suara, animasi, video, teks dan grafis. Kelebihan dari penggunaan CD Pembelajaran ini adalah seseorang dapat belajar secara mandiri dan dapat memulai belajar kapan saja serta dapat mengakhiri sesuai dengan keinginannya. Selain itu, terdapat pula fungsi repeat yang bermanfaat dalam mengulangi materi secara berulang-ulang untuk penguasaan secara menyeluruh. Beberapa model yang sering digunakan dalam CD Pembelajaran yaitu: Drills, Tutorial, Simulation, dan Instructional Games.