Pengembangan Produk UMKM Sale Pisang di Kabupaten Cilacap

Sale pisang merupakan makanan khas daerah yang memiliki cita rasa tersendiri diantara makanan khas lainnya dan mempunyai nilai jual yang cukup terjangkau dan nilai ekonomi tinggi.

Cilacap – Banyak cara dilakukan dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga, di antaranya mengembangkan usaha sale pisang sebagai salah satu usaha mikro kecil menengah di Kabupaten Cilacap.

Bahan Baku yang digunakan cukup mudah di dapatkan dan letaknya sepanjang pekarangan di sekitar rumah agar ditanami pohon pisang di lingkungan kita yang mudah dibudidayakan dan setiap bulan sudah dapat ditebang dan dibeli, apalagi kalau sudah langganan bahkan diantar ke rumah apabila sudah matang (masak). Pisang baik adalah jenis pisang Rojo Bandung kawin silang karena madunya cukup.

Sale pisang merupakan makanan khas daerah yang memiliki cita rasa tersendiri diantara makanan khas lainnya dan mempunyai nilai jual yang cukup terjangkau dan nilai ekonomi tinggi sebagai oleh-oleh bagi handai taulan bahkan tembus ke luar negeri yang dibawa oleh para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri baik yang mau berangkat maupun yang cuti.

Untuk pengemasannya sendiri dalam produk UMKM ini maka di desain untuk menarik selera ingin mencicipi dan ingin membeli. Memilij logo dan tulisan di atas bungkusan plastik yang menarik dan tidak memasukkan photo copy kertas ke dalam bungkusan, hal tersebut tidak sehat/hygiene karena kertas photo copy mengandung karbon yang membahayakan kesehatan.

Melalui pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Cilacap, TP PKK Kecamatan melalui program Berlian PKK dan UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) dapat menambah pendapatan keluarga, mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran dan menunjang program Kabupaten Cilacap “Bangga Mbangun Desa” khususnya pilar ekonomi dan lingkungan.

Strategi Pengembangan UMKM Sale Pisang Guna Tingkatkan Produksi

Produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merupakan produk yang dapat dijadikan sebagai produk unggulan di Kabupaten Cilacap. Keberadaannya juga sebagai salah satu sektor pendorong untuk menyediakan lapangan pekerjaan dalam lingkup industri rumah tangga.

Dengan membudidayakan tanaman pisang dan kelapa maka dapat meningkatkan kuantitas terhadap tanaman pisang yang akan diolah menjadi produk UMKM. Namun diharapkan tidak hanya kuantitas yang dioptimalisasi, kualitas tanaman juga perlu ditingkatkan agar mendapatkan produk olahan yang lebih baik.

Budidaya tanaman pisang dan kelapa nampaknya cukup mudah untuk dilakukan sehingga dengan menggalakkan budidaya tanaman-tanaman tersebut mampu mengembangkan produk olahan sale pisang dan tanaman kelapa sehingga mendorong perekonomian masyarakat sekitar.

Memperbaiki cita rasa sale pisang, agar dapat diupayakan dengan meningkatkan mutu/kualitas yang berkhasiat agar mampu bersaing dengan produk-produk luar. Selain itu langkah yang dapat dilakukan dalam memperbaiki kualitas produk ialah dengan menarik perhatian konsumen melalui kemasannya. Karena kemasan merupakan hal pertama yang terlihat saat produk itu dipasarkan. Jika kemasan itu baik dan menarik maka produk tersebut tak menutup kemungkinan akan meningkat nilai jualnya.

Strategi selanjutmya yang dapat dilakukan ialah dengan menyosialisasikan produk tersebut melalui pameran, bazar, khususnya diperuntukkan bagi generasi muda, karena generasi muida adalah tumpuan bangsa, jika kita mampu mengajak generasi muda untuk mencintai dan memilih produk dalam negeri khususnya produk UMKM seperti sale pisang dan gula kelapa maka merekalah yang nantinya kita harapkan untuk meneruskan upaya mengembangkan dan menyebarluaskan produk tersebut kepada generasi selanjutnya.

Di era modern kini, semua yang kita lakukan dapat di bantu dengan kemajuan teknologi, termasuk salah satunya untuk mempromosikan produk UMKM. Dengan sarana teknologi yang memadai makan produk UMKM dapat kita kembangkan eksistensinya. Sebagai contoh, kita dapat mempromosikan produk UMKM melalui blog, website, sosial media, iklan radio, dan tidak menutup kemungkinan untuk kita mempromosikannya melalui tv dengan memasang iklan berkaitan produk UMKM seperti sale pisang.

Menggerakkan ekspor terhadap produk UMKM dengan tujuan untuk mengatasi masalah yang menghambat perkembangan produk UMKM yakni belum adanya kemampuan industry rumah tangga untuk mengekspor produk tersebut ke luar negeri, atau adanya rasa “takut kalah saing” terhadap produk-produk dari luar, (Ringgitafari, 2014).