Potensi Ekonomi Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas

Potensi ekonomi yang dapat digali dari Kecamatan Sumpiuh seperti produk hasil kegiatan wirausaha, pertanian maupun peternakan.

Sumpiuh, Banyumas – Kecamatan Sumpiuh merupakan wilayah kecamatan yang unik, karena kecamatan ini tergolong relatif tertinggal namun memiliki potensi ekonomi cukup banyak. Potensi ekonomi ini dapat dilihat dari banyaknya produk yang dihasilkan dari kegiatan ekonomi masyarakat, seperti produk hasil kegiatan wirausaha, pertanian maupun peternakan.

Perubahan pengelolaan pembangunan dari sentralistik menjadi kedaerahan mendorong setiap wilayah untuk mengembangkan perekonomiannya. Wilayah kecamatan Sumpiuh merupakan salah satu wilayah yang sedang giat membangun perekonomiannya.

Sehingga para pemangku jabatan di tingkat kecamatan maupun desa berupaya meningkatkan pembangunannya melalui pengembangan diberbagai sektor ekonomi seperti kewirausahaan, pertanian maupun peternakan.

Pengetahuan mengenai potensi ekonomi wilayah maupun sektoral akan berkaitan dengan perencanaan pembangunan. Baik kualitas maupun kuantitas sumber daya tersebut (potensi ekonomi) berpengaruh penting dalam proses memilih diantara berbagai alternative tindakan yang ada (Arsyad,2010).

Pada wilayah kecamatan Sumpiuh terdapat beberapa potensi ekonomi yang dapat dikembangkan untuk menunjang perekonomian kecamatan d iantaranya :

  1. Tanaman perkebunan, karet, kalba dan akasia di desa Bogangin.
  2. Tanaman pensuplai makanan hasil olahan UKM seperti umbi-umbian, singkong, pisang.
  3. Furniture yang terdapat pada desa Lebeng dan Ketanda.
  4. Adanya UKM batik di desa Kebokura dan Sumpiuh.
  5. Usaha jamur di desa Kradenan.
  6. UKM aneka makanan ringan yang tersentra di beberapa desa seperti desa Kuntili, Pandak dan Sumpiuh.
  7. Dari segi peternakan unggas terdapat potensi untuk dikembangkan seperti peternakan itik, entog dan telur puyuh.
  8. Dari segi perkebunan terdapat perkebunan palawija seperti merica, kapulaga yang tersentra di wilayah pegunungan.
  9. Dari segi kepariwisataan terdapat beberapa potensi alam yang dapat dikembangkan untuk menjadi objek wisata diantaranya kali gatel, curug kelapa.

Sektor ekonomi di Kecamatan Sumpiuh yang termasuk sektor basis adalah sektor pertanian, sektor penggalian, sektor perdagangan, sektor keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan, serta sektor jasa-jasa.

Dukung Perkembangan UMKM Melalui Peran Pemerintah Daerah

Pemberian kekuasaan kepada Pemerintah Daerah bertujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan bagi masyarakat di daerah tersebut melalui pelayanan, birokrasi dan pemberdayaan yang baik. Selain itu Pemerintah daerah diharapkan mampu meningkatkan daya saing daerah dengan menggunakan seluruh potensi dan keanekaragaman daerah tersebut sehingga berdampak juga terhadap kesejahteraan masyarakat daerah.

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan Pemerintah Daerah adalah sektor ekonomi. Pemerintah Daerah perlu memerhatikan sektor ekonomi daerahnya dengan memerhatikan potensi dan keanekaragaman daerah tersebut sehingga daerah tersebut dapat mandiri secara ekonomi dan masyarakat daerah tersebut menjadi sejahtera

Peran pemerintah yang berfungsi sebagai pemegang kontrol atas aktivitas usaha dan bisnis yang dijalankan oleh para pelaku UMKM adalah peran pemerintah sebagai regulator. Produk pemerintah yang berisi ketentuan yang mengatur termasuk didalamnya mengenai kebijakan tentang usaha mikro, kecil dan menengah.

Peran pemerintah dapat dikatakan ada apabila output yang dihasilkan dalam hal ini para pelaku usaha mikro dapat merasakan dampak positif dengan keberadaan aturan yang ditetapkan.

Giovanni Malemta Purba (2018) Pemerintah Daerah sendiri untuk menyiapkan masyarakatnya mampu bersaing dalam era MEA tersebut. Acuan pembangunan industri dan perdagangan dalam PROPENAS 2005 sebagaimana ditetapkan dalam Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2000, khususnya yang terkait langsung dengan sektor indsutri dan perdagangan adalah mengembangkan usaha skala mikro, kecil, menengah dan koperasi melalui penciptaan iklim usaha yang kondusif, peningkatan akses kepada sumber daya produktif, pengembangan kewirausahaan dan pengusaha kecil, menengah, koperasi berkeunggulan kompetitif serta memacu peningkatan daya saing melalui pengembangan ekspor, pengembangan industri kompetitif, penguatan institusi pasar dan peningkatan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pemberian kekuasaan kepada pemerintah daerah bertujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan bagi masyarakat di daerah tersebut melalui pelayanan, birokrasi dan pemberdayaan yang baik. Selain itu Pemerintah daerah diharapkan mampu meningkatkan daya saing daerah dengan menggunakan seluruh potensi dan keanekaragaman daerah tersebut sehingga berdampak juga terhadap kesejahteraan masyarakat daerah. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan Pemerintah Daerah adalah sektor ekonomi.

Pemerintah daerah perlu memerhatikan sektor ekonomi daerahnya dengan memerhatikan potensi dan keanekaragaman daerah tersebut sehingga daerah tersebut dapat mandiri secara ekonomi dan masyarakat daerah tersebut menjadi sejahtera melalui UMKM yang ada di daerah tersebut.

Pemerintah perlu meningkatkan perannya dalam memberdayakan UMKM di samping mengembangkan kemitraan usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil, dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya, sehingga perkembangan UMKM bisa diisi oleh SDM yang mumpuni dan siap untuk membawa kemajuan.