Pemerintah Kabupaten Purbalingga Kembangkan Aplikasi Matur Bupati

Daily Banyumas
Dinas Kominfo Purbalingga kembangkan aplikasi Media Aspirasi dan Tanya Jawab Untuk Rakyat (Matur) Bupati versi android dan iOS. (Sumber: Dinas Kominfo Purbalingga)

Pembangunan dalam beberapa tahun ini sebagian besar tergantung pada bagaimana masyarakat memiliki akses terhadap informasi. Agar masyarakat dapat menyampaikan pendapat dan memberi sarannya, pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinkominfo mengembangkan Aplikasi Matur Bupati.

Ibar mengatakan pengembangan aplikasi Matur Bupati bertujuan agar memudahkan masyarakat dalam memberikan aspirasi, kritik dan saran pada Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Selain itu, dengan adanya aplikasi Matur Bupati versi android dan iOS tentunya lebih mudah diakses dan digunakan oleh masyarakat.

“Matur Bupati sebagai media pengaduan masyarakat online dalam versi android dan iOS lebih praktis dan lebih mudah digunakan,” kata Ibar, dikutip dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Purbalingga.

Cara menginstal aplikasi Matur Bupati cukup dengan membuka Google Play kemudian cari Matur Bupati, kemudian pilih instal lalu dibuka. Selanjutnya untuk cara pengaduan klik pada kolom yang bertuliskan “Silahkan laporkan masalah anda” lalu tuliskan Nama Lengkap, NIK, Nomor Telepon/Alamat Email, pilih sektor yang akan dilaporkan dan ketikan laporan anda.

“Alamat email berfungsi untuk mengirimkan notifikasi progress laporan yang masyarakat kirim, jadi isi dengan informasi yang benar dan jangan lupa untuk melampirkan foto dan lokasi lalu klik kirim,” terang Ibar.

Dengan adanya aplikasi Matur Bupati berbasis android dan iOS, ia berharap dapat memudahkan masyarakat karena melalui aplikasi tersebut lebih mudah digunakan dan caranya sederhana. Dengan kemudahan ini maka aspirasi, kritik dan saran dari masyarakat akan semakin banyak diterima oleh Pemkab Purbalingga.

Pemanfaatan Media Komunikasi dan Informasi dalam Perwujudan Pembangunan Nasional

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Teknologi juga memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Manusia juga sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi teknologi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini (Muhammad dalam Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi tahun 2014).

Suri menyatakan bahwa komunikasi dan informasi berperan penting dalam pembangunan. Ketika flashback ke masa lalu, sarana komunikasi di negara-negara berkembang yang dulunya masih terbatas pada media cetak, semuanya kini telah berubah. Teknologi komunikasi mulai berkembang pesat, terutama dengan berkembangnya menjadi televisi, internet, dan telepon. Perkembangan ini menyebabkan “jarak psikologis” mendekatkan “jarak geografis” antar bangsa. Namun di sebagian negara sedang berkembang, masih terdapat ketimpangan informasi dalam sistem komunikasi mereka. Ketimpangan komunikasi tersebut dapat menimbulkan perbedaan persepsi tentang pembangunan, yang pada akhirnya menghambat pembangunan itu sendiri (Suri dalam Jurnal Komunikasi Pembangunan tahun 2019).