Kenalkan Ciri Khas Desa di Kebumen Lewat Festival Desa Wisata

Daily Banyumas
Festival Desa Wisata Kebumen 2019.

Bumirejo – Sektor pariwisata jika terus dikembangkan akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Tak khayal, saat ini masyarakat desa sangat menggantungkan kesejahteraan mereka melalui potensi pariwisata yang ada.

Melihat hal ini, Pemerintah Kabupaten Kebumen merasa perlu untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di desa-desa untuk menjadikan desa berdaya, salah satunya melalui festival desa wisata. Ahmad Ujang Sugiono selaku Sekda Kabupaten Kebumen mengatakan, festival desa wisata diharapkan dapat meningkatkan gairah dalam sektor pariwisata, serta membangun kesadaran masyarakat untuk mengembangkan potensi yang ada di desa.

“Desa wisata dengan segala keunikan yang dimiliki harus dikelola dengan baik, profesional dan memberikan kepuasan kepada para wisatawan. Karenanya, berbagai potensi yang dimiliki desa wisata harus dikemas secara apik dan menarik,” kata Ujang, dikutip dari portal Pemprov Jateng.

Sementara itu, Bupati juga mengatakan bahwa desa wisata dapat berkembang dengan baik dengan mempertahankan ciri khas dan karakter masing-masing. Karena, hal tersebut akan menjadi daya tarik wisatawan.

Festival Desa Wisata yang digelar di Alun-alun Kebumen ini sekaligus menjadi ajang promosi atau pengenalan wisata yang ada di desa-desa di Kabupaten Kebumen. Selain itu, memotivasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap potensi yang ada sehingga dapat dikembangkan dengan baik. Masyarakat pun diharapkan menjadi lebih kreatif dan inovatif, sehingga daerah-daerah yang terdapat di Kabupaten Kebumen semakin maju dan menarik.

Desa Wisata sebagai Penunjang Ekonomi Masyarakat Desa

Dias (2017) menyatakan bahwa terkait pengelolaan desa wisata, Disporawisata Kabupaten Kebumen melakukan pembinaan terhadap pokdarwis selaku pengelola desa wisata. Pembinaan tersebut seperti melakukan pengelolaan terhadap desa wisata dengan baik, memanfaatkan potensi wisata dengan bijak, pengelolaan limbah dengan teratur, penataan ruang, serta pengadaan sarana dan prasarana.

Dalam meningkatkan ekonomi desa wisata dilakukan dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa baik itu Sumber Daya Alamnya (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Adanya desa wisata di desa akan membuka peluang masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya melalui usaha jasa maupun usaha dagang untuk memenuhi kebutuhan wisatawan (Dias dalam skripsi Upaya Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam Pengentasan Kemiskinan melalui Sektor Pariwisata tahun 2017).