Kebumen Campus Festival 2020

Daily Banyumas
Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto berfoto dengan para peserta Kebumen Campus Festival 2020. (Sumber Foto: Humas Pemkab Kebumen).

Kebumen – Bertempat di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Badan Keluarga Mahasiswa Kebumen (BKMK) menggelar Kebumen Campus Festival 2020. Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu (25/1) dibuka oleh Wakil Bupati H Arif Sugiyanto SH.

Selain Wabup, acara dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Kebumen Moh Amirudin, serta sejumlah pejabat Pemkab Kebumen.

“Mudah-mudahan melalui Kebumen Campus Festival 2020 ini dapat diperoleh gambaran Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang akan dipilih para siswa,” ujar Arif, dilansir dari laman resmi Humas Pemkab Kebumen.

Arif juga mengatakan ketika menentukan tempat kuliah harus dilakukan dengan tepat. Karena banyak dimensi dan konsekuensi. Untuk itu, agar pilihan nantinya merupakan keputusan terbaik yang diambil, maka ada beberapa hal yang perlu dicermati. Antara lain minat, prospek masa depan, link dunia kerja, kemungkinan beasiswa, hingga biaya/kemampuan finansial orang tua.

“Saya harap peserta Kebumen Campus Festival 2020 dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya serta aktif bertanya agar diperoleh kejelasan,” kata dia.

Kebumen Campus Festival 2020 diawali dengan opening ceremony, pada 22 Desember 2019 lalu.

“Kegiatan hari ini adalah stadium general motivation dan campus expo,” terang Putri selaku Sekertaris Panitia didampingi Korlap Kegiatan Ulya Zain.

Berbagai kegiatan digelar antara futsal perhimpunan, bakti sosial, stadium general motivation dan campus expo. Tema KCF kali ini adalah Be Brave, Find Your Path.

Yakni kepada para siswa siswi SMA atau SMK berani mengambil keputusan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, sesuai dengan jalan atau jurusan masing masing.

Ulya Zain, menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi siswa yang duduk di SMK dan SMA tentang perguruan tinggi. “Kami ingin memotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sesuai dengan minat dan jurusan,” imbuhnya

Campus Festival Menjadi Ajang Motivasi Belajar

Harbeng dalam Jurnal Dikdaya tahun 2015 menyatakan bahwa motivasi diartikan sebagai penggerak yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas demi terwujudnya suatu tujuan. Bahkan motif juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi dalam arti kesiap siagaan. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai sebuah upaya gerakan yang terdapat diri siswa untuk menimbulkan kesadaran dalam mencapai keinginannya. Dalam kegiatan belajar, motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar.

Dilansir dari Lantanida Journal tahun 2017 motivasi belajar merupakan sesuatu keadaan yang terdapat pada diri seseorang yakni sebuah dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan. Menurut Amna dalam Kompri (2016:229) motivasi adalah suatu perubahan energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan. Dengan demikian munculnya motivasi ditandai dengan adanya perubahan energi dalam diri seseorang yang dapat disadari atau tidak.

Dengan dilaksanakannya Campus Fair, para siswa akan termotivasi untuk mengejar cita-citanya menuju perguruan tinggi yang dia inginkan. Maka, penting sekali pelaksanaan tersebut digelar setiap tahunnya. Mengingat dengan antusias para siswa siswi terhadap acara tersebut sangat tinggi.