Verval Berkas Digelar oleh BKPPD Cilacap Guna Kenaikan Pangkat ASN

Kabid Mutasi dan Pengembangan Karir BKPPD Kabupaten Cilacap Rahmat Husodo (kedua dari kanan) membuka kegiatan verval berkas kenaikan pangkat di Aula BKKPPD Cilacap, Kamis (16/1). (Foto: Pemkab Cilacap)

Cilacap – Kepala Bidang Mutasi dan Pengembangan Karir Rahmat Husodo dalam acars verifikasi dan validasi berkas usulan kenaikan pangkat untuk periode April 2020 di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Cilacap yang digelar oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap.

Narasumber dalam acara ini yakni dari Kantor Regional I Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Yogyakarta serta diikuti oleh petugas kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten cilacap.

“Ada 823 usulan kenaikan pangkat untuk periode April 2020. Dengan adanya seleksi CPNS formasi tahun 2019, sehingga usulan kenaikan pangkat tersebut kemudian diajukan,” ujar Kabid Mutasi dan Pengembangan Karir BKPPD Cilacap, Rahmat Husodo.

Kenaikan pangkat merupakan penghargaan pemerintah kepada ASN atas pretasi kinerja apabila persyaratan dan kelengkapan berkasnya telah memenuhi syarat. Selanjutnya BKPPD melaksanakan verval berkas agar usulan kenaikan pangkat tidak mengalami kekurangan persyaratan.

Rahmat menambahkan seluruh jenis dokumen usulan kenaikan pangkat diambil dari e-file, maka dari itu setiap ASN wajib untuk mengupload dokumen ke e-file untuk mempermudah system kepegawaian.

Motivasi dalam Mendorong Kinerja Pegawai

Kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil (PNS), adalah penghargaan atas prestasi kerja dan pengabdian kepada Negara setelah melalui persyaratan tertentu. Selain itu, kenaikan pangkat juga dimaksudkan sebagai pendorong bagi PNS untuk lebih meningkakan prestasi kerja dan pengabdiannya.

Salah satu bagian dari manajemen PNS yang terus diperbaiki adalah tentang sistem kenaikan pangkat PNS, yang diwujudkan dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS, menggantikan PP.No.20 Tahun 1991 tentang Kenaikan Pangkat PNS Secara Langsung.

Dengan kenaikan pangkat yang tepat waktu dan tepat sasaran, diharapkan akan menumbuhkan semangat kerja bagi PNS yang bersangkutan, karena dengan kenaikan pangkat yang tepat waktu akan berdampak pada kenaikan gaji pokok, sehingga secara tidak langsung akan berdampak juga terhadap kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan.

Dengan adanya kenaikan pangkat pegawai lebih termotivasi untuk saling bersaing menunjukkan kualitas kerja individu atau kelompok juga dapat membuktikan kemampuannya atau prestasi kerja sehingga pegawai yang belum menunjukkan kemampuan kerjanya dapat termotivasi.

karena kebutuhan setiap pegawai yang berbeda dan bertambah setiap harinya maka dengan adanya kenaikan pangkat mereka akan termotivasi untuk bekerja demi memenuhi kebutuhan dan adanya keinginan untuk bertumbuh dan berkembang, artinya pegawai mempunyai kemampuan dalam pekerjaan itu ada kesempatan untuk tumbuh dan berkembang, Rolin J. Lena dkk (2016)

Untuk memacu Kenaikan Pangkat diperlukan motivasi kerja sebagai pendorong bagi pegawai untuk lebih meningkatkan pengabdiannya didalam melaksanakan tugas. Untuk meningkatkan motivasi kerja, disarankan agar pimpinan memberikan dorongan kepada pegawai dalam bekerja sehingga pegawai dapat termotivasi dalam bekerja.