Inovasi dan Kreasi Desa Kalikajar

banyumas daily
Desa Kalikajar dikenal memiliki buah dukuh yang berkualitas baik dan sangat lezat. Keunggulan buah dukuh ini rasanya manis, buahnya besar, dan bijinya kecil. (Sumber Foto: Gatra.com)

Desa Kalikajar

Kalikajar adalah desa yang berada di kecamatan Kaligondang, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia. Batas Utara: Desa Slinga, Timur: Desa Kembaran, Selatan: Desa Penaruban, Barat: Desa Wirasana. Kalikajar merupakan salah satu desa yang dikenal sebagai penghasil buah duku yang berkualitas baik. Duku dari daerah ini dikenal dengan nama duku Kalikajar, biasanya berbuah antara bulan Februari sampai dengan Maret, dilansir dari wikipedia.

Asal usul Desa

Ki Ageng Mertandaka sekalian berasal dari Purworejo Bogelan berjalan kearah barat. Sampai disuatu tempat berhenti dan babat alas siang malam kerja tanpa kenal lelah. Saat istirahat ia duduk berdampingan (lenggah jajar), maka itu grumbul tersebut dinamakan Kalikajar. Selanjutnya babat alas lagi kesebelah timur sampai ke sebelah Dukuh Tengah. Disana beliau istirahat minum pakai (lawuh gula jawa, gendis), maka dari itu daerah itu dinamakan Gendis. Kemudian babad alas lagi sampailah ditempat yang banyak airnya, yaitu Ngares. Lalu kemudian dinamakan grumbul Kaliares (sekarang Kayuares). Kemudian babat alas lagi sampailah kesuatu tempat disitu airnya tidak bisa mengalir (ngebleng), maka dari itu dinamakan Bleng (sebelah Desa Kembaran Wetan) Trenggiling.

Selain Ki Ageng Mertandaka, ada juga tokoh-tokoh lain seperti Kyai Kastubah, Ki Ageng Nalarudin. Ki Ageng Mertandaka mempunyai 4 orang anak. Yang nomor 3 yaitu Ki Tirtamamad, yaitu Kepala Desa pertama di Kalikajar. Ki Tirtamamad mempunyai 7 orang anak. Anak nomor satu bernama Trunawijaya, nomor 2 bernama Tyitradiwirya, nomor 3 bernama Wanadiwirya, dan seterusnya.

Inovasi dan Kreasi Desa Kalikajar

Produk Kerajinan yang dimiliki Desa Kalikajar yakni berupa kuliner dan aneka kerajinan tangan. Untuk bagian kuliner sangat beragam, diantaranya yaitu: Duku, Beras Kalika, Niwo, Keripik Singkong, Untuk Untir, Keripik Pisang, Untuk Cacing, Keripik Tales dan juga Pangsit.

Berikut adalah beberapa kuliner Desa Kalikajar:

 

 

 

 

 

Sedangkan untuk kerajinan tangannya berupa, Aneka Dompet Rajut, Aneka Tas Rajut dan Aneka Sepatu Rajut. Itu semua hasil kerajinan tangan yang dibuat oleh salah satu masyarakat Desa Kalikajar yang dikelola oleh bumdes.

 

 

 

 

 

Jika ada yang ingin memesan kuliner ataupun kerajinan tangan hasil Desa Kalikajar bisa langsung datang ke alamat: Desa Kalikajar RT 02 RW 04 Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah dan bisa hubungi di +6281327640524.

Prestasi Desa Kalikajar

Salah satu prestasi yang dimiliki Desa Kalikajar yakni mendapatkan Juara 1 Kakang Purbalingga Tahun 2017 atas nama Rudias Kresna dengan pendidikan D IV Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan, Politeknik Keselamatan Jalan. Rudi lahir di Purbalingga 13 Februari 1995, dilansir dari laman resmi Kecamatan Kaligondang.

Selain itu, Rudi juga berhasil meraih 7 besar kakang Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017.