Kebumen Miliki Aplikasi SIBUBA (Sistem Buku Bantu Bendahara Pengeluaran)

daily banyumas
Bupati K.H Yazid Mahfudz melaksanakan launching SIBUBA pada (9/7/2018). (Sumber: BPKAD Kabupaten Kebumen)

KEBUMEN – Sistem Buku Bantu Bendahara Pengeluaran (SIBUBA) adalah seperangkat aplikasi komputer yang digunakan untuk membantu proses administrasi data pada SKPD/Unit Kerja terutama untuk memproses transaksi non tunai belanja langsung daerah dan meminimalkan kesalahan karena human error. Aplikasi tersebut berguna untuk pengelolaan keuangan daerah serta penggunaan teknologi informasi yang merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Selain itu, aplikasi SIBUBA dapat membantu pengelolaan data yang lebih cepat, efektif, dan efisien.

Tujuan pengembangan SIBUBA di antaranya: (1) terciptanya tertib administrasi pengendalian intern belanja langsung; (2) meningkatkan pengawasan dan pengendalian kegiatan belanja langsung daerah; dan (3) dapat menyajikan laporan pertanggungjawaban belanja dengan cepat dan akurat. Dengan adanya aplikasi SIBUBA yang terintegrasi secara Host to Host dengan CMS Bank Jateng diharapkan mempermudah proses transaksi non tunai, dilansir dari laman resmi BPKAD Kabupaten Kebumen.

Bupati Kebumen, KH. Yazid Mahfudz, menyambut baik adanya inovasi SIBUBA. Menurutnya, kegiatan seperti ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk meningkatkan kapasitas dan inovasi, sebagai upaya perwujudan tata kelola pemerintahan, reformasi birokrasi, yang berfokus pada perwujudan instansi pemerintah yang bersih dan akuntabel, organisasi dan proses bisnis yang ramping, efisien dan berbasis teknologi informasi, manajemen sumber daya manusia aparatur yang profesional, serta pelayanan publik yang berkualitas.

Selain itu ia berharap acara ini mampu menjadi wahana dalam rangka mendorong optimalisasi disiplin anggaran kas dalam proses transaksi non tunai yang dikelola SKPD/Unit Kerja berbasis teknologi informasi, sehingga meningkatkan pengendalian intern belanja daerah dan meminimalkan kesalahan karena human error.

Launching SIBUBA berlangsung pada Senin (09/07/2018) di halaman Aula BPKAD Kabupaten Kebumen. Acara tersebut dihadiri perwakilan dari perangkat daerah, penyedia jasa, dan unsur perbankan. Acara ditutup dengan pemencetan tombol sirine oleh Plt. Bupati Kebumen yang diiringi tepuk tangan tamu undangan sebagai tanda diberlakukannya aplikasi SIBUBA.

Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi Informasi telah memberikan dampak yang sangat signifikan dalam kehidupan manusia. Perkembangan ini memiliki dampak semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari seluruh dunia menembus batas, jarak, tempat, ruang dan waktu. Dalam era sekarang ini, manusia akan selalu berhubungan dengan teknologi.

Teknologi sekarang ini perkembangannya sudah sangat pesat. Isniatun dalam (Alvin Toffler, 2011:29) menggambarkan perkembangan tersebut sebagai sebuah revolusi yang berlangsung dalam tiga gelombang yaitu, gelombang pertama dengan munculnya teknologi dalam pertanian, gelombang kedua munculnya teknologi industri dan gelombang tiga munculnya teknologi informasi yang mendorong tumbuhnya komunikasi. Ketiga perkembangan tersebut telah berhasil menguasai dan mempengaruhi kehidupan manusia di dunia. Sehingga jika gagap teknologi maka akan dapat tertinggal untuk memperoleh kesempatan untuk meju. Informasi dan telekomunikasi telah memiliki peran yang amat sangat penting dan nyata, apalagi masyarakat saat ini sedang menuju kepada masyarakat ilmu pengetahuan.

Aplikasi teknologi informasi yang merupakan pengembangan teknologi diantaranya adalah media komputer. Komputer merupakan aplikasi dari teknologi berbasis informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat dengan memproses, menyajikan dan mengelola informasi. Teknologi juga merupakan solusi tepat bagi penyelesaian masalah dalam bidang administrasi. Pemanfaatan teknologi, khususnya teknologi informasi akan mengatasi ketertinggalan perkembangan dari negara maju. Selain itu, teknologi informasi pun dapat memudahkan kita menyelesaikan pekerjaan. Seperti adanya aplikasi SIBUBA yang memudahkan dalam proses pengadminstrasian.

Menurut Amri (2016) peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang sistem operasional dan manajerial juga terjadi pada instansi pemerintahan. Hal ini dirasakan semakin penting karena dengan perkembangan yang signifikan dibidang tersebut, telah menyebabkan berbagai perubahan mendasar pada segala aspek, informasi telah menjadi komoditi yang sangat berharga dan menentukan untuk mencapai keberhasilan jalannya pemerintahan dalam arti yang menyeluruh.

Kemajuan teknologi ini telah menempatkan informasi sebagai salah satu sumber daya yang sangat penting dan perlu untuk dikelola secara baik dan benar. Dengan adanya rancangan yang baik, penerapan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan akan dapat mendapatkan hasil yang seoptimal mungkin, sehingga biaya yang dikeluarkan nantinya tidak semata-mata hanya sebagai pengeluaran saja akan tetapi diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk investasi yang menguntungkan serta berguna kedepannya (dalam Jurnal Komunikasi Kareba).