Pelantikan Sekretaris Dewan Bersama 14 Pejabat Dinas Arsip dan Perputakaan Daerah Kabupaten Banyumas

Pelantikan Sekretaris Dewan (Sekwan) bersama 14 Pejabat Dinas Arsip dan Perputakaan Daerah Kabupaten Banyumas. Pelantikan dilaksanakan Senin (30/12) siang di Pendapa Sipanji Purwokerto. (Foto: Pemkab Banyumas)

Purwokerto – Pelantikan Sekretaris Dewan (Sekwan) bersama 14 Pejabat Dinas Arsip dan Perputakaan Daerah Kabupaten Banyumas. Pelantikan dilaksanakan Senin (30/12) siang di Pendapa Sipanji Purwokerto.

“Meski sebagian besar pejabatnya sama tetapi karena perubahan SOTK dari Tipe B ke Tipe A maka pejabatnya dilantik lagi,” ujar Achmad Supartono Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah.

Nungky Hari Rachmat, S.Sos M.S.i dilantik menjadi Sekretaris Dewan (Sekwan) bersama 14 Pejabat Dinas Arsip dan Perputakaan Daerah Kabupaten Banyumas. Semula pelantikan digelar Jum’at (27/12) bersamaan dengan pelantikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM serta Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu. Pelantikan Sekwan ini bersamaan dengan pelantikan 14 Pejabat Dinas Arsip dan Perpustakaannya Daerah.

Ketua DPRD Banyumas dr Budi Setiawan mengaku senang dengan terisinya jabatan sekwan. Karena dengan rangkap jabatan sekwan sedikit kesulitan, karena yang merangkap jabatan masih mempunyai tugas pokok sendiri. Dinas Arpusda masih dipimpin Joko Wikanto dan Sektretaris Dwi Irawan Sukma. Demikian juga Kabidnya, karena naik tipe semula ada 2 Kabid menjadi 3 Kabid.

“Semoga kedepan DPRD dengan Sekwan yang baru akan menjadi lebih baik,” katanya. Sementara Bupati menyebutkan Sekwan adalah jembatan. Sehingga harus bisa menjadi penghubung antara Bupati dan pimpinan serta anggota dewan. Kalau ada kekurangan sana sini agar bisa dilengkapi, jangan sampai ada pembiaran. Karena saya menilai saat ini kinerja DPRD semakin baik, semakin tertib,” kata Bupati.

Menurut Bupati itu pertanda baik, agar tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan jauh lebih baik untuk bersama sama bekerja keras untuk pengentasan kemiskinan Bupati juga meminta karena Dinas Arpusda naik kelas maka semua harus bertekad meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Peran Sekertariat Dewan dalam Menunjang Kinerja DPRD

Sekretariat Dewan merupakan sebuah organisasi yang besar dan kompleks yang tidak memungkinkan para anggota dewan bekerja sendirian. Tentunya sudah menjadi syarat yang mutlak anggota dewan tersebut dibantu oleh pihak lain yang dalam hal ini adalah pegawai sekretariat dewan yang benar-benar memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang-bidang tertentu, dalam hal-hal yang bersifat teknis yang tidak dapat dijangkau oleh para wakil rakyat.

Hendra Pinaria(2015) Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah penyelenggara administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, pendukung pelaksanaan tugas dan fungsi dewan perwakilan rakyat daerah dan bertugas menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Sekretariat DPRD dipimpin oleh Sekretaris Dewan. Sekretaris dewan secara teknis operasional berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab kepada Gubernur/Bupati melalui sekretaris daerah.

Rika Ramadhanti (2018) Sercara harfiah sekretariat adalah organisasi yang tugas pokoknya adalah melaksakan berbagai kerja ketatausahaan. Kesekretariatan mencakup 3 (tiga) maksud yakni sebagai berikut :

  1. kantor atau tempat kerja seorang sekretaris
  2. kelompok sekretaris atau pegawai yang tugas pokoknya melakukan kegiatan tata usaha
  3. bagian dari suatu organisasi yang melakukan kegiatan ketatausahaan untuk menunjang tercapainya tujuan organisasi

Pelayanan publik menjadi isu kebijakan yang semakin strategis karena perbaikan pelayanan publik di Indonesia cenderung “berjalan di tempat” sedangkan implikasinya sangatlah luas dalam kehidupan ekonomi, politik, sosial budaya dan lain-lain. Dalam kehidupan ekonomi, perbaikan pelayanan publik akan bisa memperbaiki iklim investasi yang sangat diperlukan bangsa ini agar bisa segera keluar dari krisis kepercayaan masyarakat yang berkepanjangan dalam kehidupn politik, perbaikan pelayanan publik juga sangat berimpliksi luas khususnya dalam memperbaiki tingkat kepercayaan kepada pemerintah.

Sekretariat Dewan dalam bekerja harus menerapkan disiplin agar lebih ditingkatkan, lagi pengawasan pimpinan terhadap staf yang paling utama ditingkatkan agar kinerja staf dalam melaksanakan fungsi optimal kenapa disiplin sangat penting bagi staf, karena jika staf disiplin, maka kerja yang dilakukan lebih maksimal.

Sebagai staf walaupun hanya menfasilitasi segala keperluan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, maka lebih ditingkatkan kinerja lagi agar dalam menunjang fungsi legislasi staf bisa lebih jeli dalam menyiapkan tenaga ahli bidang hukum pelaksanaan. Dan diharapkan lebih sering mengikuti pendidikan dan latihan.

Walaupun tidak terlibat langdung dalam pelaksanaan fungsi anggaran (budget), maka diharapkan staf lebih optimal lagi dalam menunjang fungsi anggaran baik mendokumentasikan hasil penetapan anggaran pendapatan belanja daerah. Lebih cepat dan tanggap dalam mendokumtasikan pengaduan dari masyarakat.

Hal ini tentunya sangat diperlukan bagi anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara baik dan mencapai tujuan secara maksimal.