Pramuka Banyumas Dilantik Menjadi Pramuka Garuda

Pelantikan dan pengukuhan Pramuka Garuda dipimpin oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Banyumas, Selasa (31/12). (Foto: Pemkab Banyumas

Purwokerto – Pelantikan dan pengukuhan Pramuka Garuda dipimpin oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Banyumas. Sebanyak 1.969 anggota Pramuka di Banyumas dari berbagai pangkalan, Selasa (30/12) meraih tingkatan tertinggi yaitu Pramuka Garuda.

“Pelantikan Pramuka Garuda sebanyak 1.969 Pramuka ini merupakan kegiatan spektakuler dan paling banyak yang pernah dilakukan Kwarcab di Jawa Tengah. Menurutnya Banyumas selalu selangkah lebih depan dan menjadi pioner untuk kegiatan Pramuka. Semoga ini akan menjadi contoh baik untuk Kwarcab lain agar target Ketua Kwarda untuk mencetak 50 ribu Pramuka Garuda segera tercapai,” ujar Wakil Ketua Bidang Bina Satuan Ir. Agung Suparyoko Rahendrotomo .

Pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah, anggota Mabicab, Mabiran, orang tua / wali dari peserta didik, jajaran pengurus Kwartir Cabang, Ketua Kwartir Ranting (Kwarran), Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembina Gugus Depan (Mabigus) dan Pembina Gugus Depan turut hadir dalam pelantikan ini.

“Pramuka Garuda yang dilantik dan dikukuhkan sebanyak 1.969 Pramuka yang terdiri dari 756 Pramuka Siaga, 784 penggalang, 23 pramuka penegak dan 5 pramuka pandega dari berbagai Pangkalan di Kwarcab Banyumas. Setelah dilantik menjadi Pramuka Garuda saya harap kalian menjadi tauladan untuk lingkungannya, baik lingkungan sekolah maupun tempat tinggal,” ujar Ketua Kwarcab Banyumas Drs Achmad Supartono, M. Si.

Menurutnya Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi pada jenjang Pramuka. Setelah melalui seleksi dan serangkaian tes wawancara dan tes kecakapan, mereka dinyatakan lulus. Baru kemudian ke 1.969 pramuka itu dilantik menjadi Pramuka Garuda.

Sementara itu Bupati Banyumas mengaku bangga dengan jajaran Kwarcab Pramuka Banyumas yang telah menunjukkan kerja kerasnya dalam membentuk karakter anak bangsa ini. Menurut Bupati Pramuka Garuda ini nantinya akan menjadi pemimpin dimasa depan.

“Setelah dilantik saya berharap anak-anak dan adik-adikku mampu menjadi teladan bagi diri sendiri, sahabat dan lingkungannya. Pengucapan janji Tri Satya juga merupakan sumpah bagi peserta didik untuk selalu memegang teguh kode kehormatan pramuka,” kata Bupati.

Peran Gerakan Pramuka dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa

Pentingnya pendidikan karakter dalam kehidupan merupakan hal prinsip yang banyak diperbincangkan. Gerakan pramuka menjadi salah satu pembentuk karakter bangsa diantaranya berjiwa patriot, nasionalisme, cinta kepada Tuhan, cinta kepada sesama, dan cinta kepada alam, mengajarkan gotong royong, disiplin, mandiri, saling menolong, menghargai, kepedulian sosial dan lingkungan.

Ibnu Hanif Asnawi dan Triwahyuningsih (2014) Untuk dapat tercapainya tujuan pendidikan karakter, dilakukan kegiatan-kegiatan melalui jalur sekolah dan jalur luar sekolah. Jalur luar sekolah tersebut diantaranya adalah pendidikan kepramukaan. Pendidikan kepramukaan dilaksanakan untuk menunjang pencapaian tujuan pendidikan nasional. Misalnya dalam mengembangkan karakter kepemimpinan, karena didalamnya terdapat nilai-nilai leadership yang dikembangkan. Karakter kepemimpinan perlu dikembangkan sejak dini kepada peserta didik, karena peserta didik merupakan generasi pemimpin bangsa selanjutnya.

Kegiatan pramuka di sekolah dalam bentuk ekstrakulikuler dilaksanakan bertujuan untuk mengaitkan pengetahuan yang diperoleh dalam program kulikuler berdasarkan keadaan dan kebutuhan lingkungan.

Gerakan Pramuka harus mampu mendidik dan membina generasi muda kita untuk tidak mudah putus asa, pantang menyerah dan dengan penuh keberanian menghadapi berbagai tantangan. Kegiatan pramuka banyak menanamkan nilai-nilai karakter terutama karakter kepedulian sosial dan kemandirian ciri.