Bupati Banyumas Meminta Pelayanan Prima setelah Resmikan Kantor Kecamatan Cilongok

Bupati Banyumas, Achmad Husein meresmikan Kantor Kecamatan Cilongok, (4/12), (Foto; Pemkab Banyumas)

Cilongok, Banyumas – Bupati Banyumas, Achmad Husein meresmikan Kantor KecamatanCilongok, Kabupaten Banyumas. Peresmian tersebut dilakukan Bupati bersama-sama Ketua DPRD Kabupaten Banyumas dr Budhi Setiawan dan Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Srie Yono SH, M.Si dengan disaksikan Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) setelah Bupati dan rombongan melakukan peninjauan proyek-proyek di beberapa titik di Banyumas, (4/12).

“Kepada Camat Cilongok Purjito agar jangan hanya bangga dengan gedung yang megah, tetapi lebih memberi kenyamanan dalam pelayanan sesuai dengan SOP yang ada. Ingat dalam pelayanan tidak mengenal jam istirahat. Pada jam istirahat warga yang datang berurusan tetap dilayani. Teknisnya, ASN di kantor kecamatan tersebut tetap bertugas bergantian di saat jam rehat,” ujar Achmad Husein selaku Bupati Banyumas

“Kita ingin memberikan yang terbaik kepada masyarakat melalui pelayanan prima dan pembangunan untuk peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan,” kata Bupati.

“Pembangunan Kantor Kecamatan Cilongok dibangun dalam 2 tahap, tahap I tahun 2018 menelan dana sebesar 2,9 Milyard dan tahap II sebesar 1,3 Milyard. Pembangunan gedung tersebut termasuk beberapa kelengkapan didalamnya,” ujar Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekda Banyumas, Srie Yono.

Beliau juga mengatakan bahwa alhamdulillah hari ini sudah selesai 100 %. Kita berharap kecamatan dengan desa terbanya yaitu 20 desa ini, dengan gedung yang baru akan memotivasi ASN dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Camat Cilongok Purjito, S.STP mengaku mengaku semua apatur di Kecamatan terlihat lebih bergairah dalam bekerja, begitu juga warga yang datang berurusan juga terlihat nyaman di ruangan yang representatif disamping pelayanan prima yang diberikan.

“Kedepan kita akan lebih terus meningkatkan pelayanan dengan inovasi-inovasi baru yang memberi kemudahan kepada masyarakat,” katanya.

Kualitas Layanan Publik Dikantor Kecamatan dalam Pelayanan terhadap Masyarakat

Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan upaya negara untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak sipil setiap warga negara atas barang, jasa, dan dasar setiap warga Negara demi kesejahteraannya, sehingga efektivitassuatu sistem pemerintahan sangat ditentukan oleh baik buruknya penyelenggaraan pelayanan publik.

Salah satu mis idan tujuan pembentukan birokrasi pemerintah adalah untuk memberikan pelayanan sebaik–baiknya kepada masyarakat umum (publik), namun hingga sekarang ini kualitas penyelenggaraan pelayanan publik oleh birokras ipemerrintah masih merupakan isu yang banyak mengemuka.

Tuntutan yang dilakukan oleh masyarakat kepada birokrasi pemerintah untuk menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas adalah sejarah dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat, disamping karenatumbuhnya iklim yang lebih demokratis dalam pengelolaan administrasi publik dewasa ini. (Dalam jurnal Niara; Eka peneliti dari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning; Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Rumbai Pesisir)

Menyadari tugas pelayanan aparatur pemerintah di kantor camat merupakan hal penting guna menunjang keberhasilan dalam penyelengaraan pemerintahan serta membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah di kantor camat tentunya aparatur pemerintah harus selalu;

  1. Mengupayakan hal-hal yang dianggap masih kurang dalam pelaksanaanya.
  2. Dalam menjalankan tugasnya aparatur kecamatan perlu memperhatikan kendala-kendala yang berhubungan dengan pelayanan publik dan masyarakat tidak hanya megeluarkan pendapat namun dapat bekerja sama dengan aparatur kecamatan agar pelayanan publik yang prima dapat terwujud.
  3. Bagi aparatur kecamatan dalam melaksanakan tugasnya hendaknya melakukan perubahan yang menyangkut semua aspek, dalam hal ini aparatur kecamatan ikut berperan dalam pembentukan prilaku, displin kerja dan tanggung jawab dalam pekerjaan.