Layanan Literasi On Alun-alun Perpusarda Menarik Perhatian Masyarakat Kebumen

Banyumas Daily
1.1 Kegiatan Perpustakaan Keliling yang dilaksanakan oleh Perpusarda Kebumen pada 6/10/2019 (Sumber: Perpusarda Kebumen)

Kebumen – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen mengadakan layanan Perpustakaan Keliling di Alun-alun Kebumen pada Minggu 6 Oktober 2019. Layanan yang bertajuk Literasi on Alun-alun atau juga disebut (RASIONAL) ini dimulai pada pukul 06.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa penggiat literasi Kebumen seperti Gubug Pintar dan Perpustakaan Jalanan.

Layanan RASIONAL yang dilaksanakan pada Minggu pagi ini, menarik perhatian masyarakat karena berbarengan dengan kegiatan Car Free Day, dilansir dari laman resmi Dinas Perpusarda Kabupaten Kebumen.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen Anna Ratnawati, S.KM, M.Si menyerahkan bantuan buku dari program sedekah buku kepada Gubug pintar sebagai bentuk dukungan literasi kepada penggiat literasi tersebut.

Layanan RASIONAL selesai pada pukul 09.00 WIB. Dengan adanya layanan baru ini, diharapkan literasi masyarakat Kebumen akan semakin meningkat.

Pentingnya Literasi

Kern (2000: 3) menjelaskan literasi sebagai kemampuan untuk membaca dan menulis. Selain itu literasi juga memiliki kesamaan arti dengan belajar dan memahami sumber bacaan. Literasi secara tradisi dimaknai sebagai kemampuan menggunakan bahasa untuk membaca dan menulis. Dalam konteks modern, literasi merujuk kemampuan membaca dan menulis pada tahap yang memadai untuk berkomunikasi dalam suatu masyarakat yang literat. Jaka (dalam Widodo: 2015)

Keterampilan literasi memiliki pengaruh penting bagi keberhasilan generasi muda. Keterampilan literasi yang baik akan membantu generasi muda dalam memahami informasi baik lisan maupun tertulis. Dalam kehidupan, penguasaan literasi pada generasi muda sangat penting dalam mendukung kompetensi-kompetensi yang dimiliki. Kompetensi dapat saling mendukung apabila generasi muda dapat menguasai literasi atau dapat diartikan generasi muda melek dan dapat memilah informasi yang dapat mendukung keberhasilan hidup mereka (Irianto dan Febrianti, 2017).

Maka dari itu sangat penting untuk terus menerus menumbuhkan literasi kepada masyarakat khususnya generasi muda. Karena dengan memiliki keterampilan literasi, akan lebih memahami mengenai informasi yang diperoleh. Selain itu, literasi juga menjadi indikator yang sangat penting untuk menuju kesuksesan.