SMA Negeri 1 Ajibarang Raih Juara Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Penyerahkan penghargaan kepada Kepala Sekolah SMA Negeri Ajibarang Heri Supraptoyo dan rekan-rekan pada upacara hari Guru tingkat Jawa Tengah, Senin (25/11), (Pemkab Banyumas)

Ajibarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan penghargaan kepada Kepala Sekolah SMA Negeri Ajibarang Heri Supraptoyo pada upacara Hari Guru tingkat Jawa Tengah, Senin (25/11/2019) di Halaman SMA Negeri 1 Semarang.  Penghargaan tersebut diraih sebagai sekolah sehat tingkat Propinsi Jawa Tengah.

Penghargaan Lomba Sekolah Sehat, merupakan bukti pengakuan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada SMAN 1 Ajibarang yang berhasil membentuk pembiasaan dan karakter hidup bersih dan sehat bagi warganya.

Irsyam Prihadi selaku pembina dan tim pelaksana UKS SMA Negeri 1 Ajibarang mengatakan bahwa dalam rangka mewujudkan sekolah sebagai taman belajar, pihaknya berusaha menguatkan karakter warga sekolah agar peduli lingkungan dan kesehatan, sebagai penunjang pencapaian prestasi. Menurutnya, perilaku hidup bersih dan sehat senantiasa ditanamkan pada warga sekolah, selain untuk kepentingan kesehatan diri, warga sekolah juga diharapkan mampu menjadi role model dan agen transformasi dan informasi penggerak perubahan masyarakat.

“Saya bangga sekolah SMA Negeri 1 Ajibarang menjadi Juara 1. Penghargaan ini menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus amanah yang harus diemban dan dibuktikan oleh guru-guru dan warga sekolah dalam peran sertanya menarik lokomotif perubahan perilaku dan mindset masyarakat dari kebiasaan pola hidup yang tidak sehat menjadi pola hidup bersih dan sehat,” ujar Heri Supraptoyo selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Ajibarang.

Dirinya juga mengatakan bahwa sumbangsih SMAN 1 Ajibarang dalam dunia pendidikan kesehatan diharapkan dapat bersama-sama dengan pemerintah dan stakeholder yang lain dalam menambah kekuatan menuju masyarakat Banyumas yang lebih baik. “Banyumas better, better Banyumas,” katanya.

Peran Guru dalam Membangun dan Menjaga Pola Hidup Sehat di Lingkungan Sekolah

Peran guru sangatlah penting dalam membina perilaku hidup sehat bagi siswa di sekolah dengan adanya pembinaan yang dilakukan oleh guru dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam berperilaku hidup sehat di sekolah maupun di rumah. Peran guru dapat berperan sebagai pengajar, pemimpin kelas, pembimbing, pengatur lingkungan belajar, perencana pembelajaran, supervisor, motivator, dan sebagai evaluator dalam pola hidup sehat.

UKS dibentuk untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar para siswa dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. UKS di sekolah diharapkan mampu menanamkan sikap dan perilaku hidup sehat pada diri siswa sendiri dan mampu menolong orang lain.

Dalam upaya penanaman pola hidup yang sehat maka guru diharapkan untuk mampu meningkatkan derajat kesehatan di sekolah melalui tiga kegiatan utama, yaitu terciptanya lingkungan sekolah yang sehat, pemeliharaan dan pelayanan di sekolah, dan upaya pendidikan yang berkesinambungan. (Dalam jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi; Hendra Resmana, Nuzuli dan Muhammad Jafar peneliti dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah; Peran Guru dalam Membina Perilaku Hidup Sehat Siswa melalui Usaha Kesehatan Sekolah di SMA Negeri 1 Banda Aceh)

Diharapkan kepada kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi di sekolah agar pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan secara berkesinambungan dengan melaksanakan pemeriksaan kesehatan selama satu bulan sekali di sekolah yang dilakukan oleh pihak rumah sakit maupun dokter spesialis anak.

Pemanfaatan UKS secara optimal dan penanaman pola hidup yang sehat terhadap siswa akan membangkitkan semangat bagi para siswa untuk turut aktif dalam menjaga pola-pola hidup sehat dan mensinergikan antara teori yang diberikan oleh guru dan pengaplikasian yang dilakukan oleh siswa. (Dalam jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi; Hendra Resmana, Nuzuli dan Muhammad Jafar peneliti dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah; Peran Guru dalam Membina Perilaku Hidup Sehat Siswa melalui Usaha Kesehatan Sekolah di SMA Negeri 1 Banda Aceh)

Add Comment