Cilacap Adakan Gerakan Olahraga Bersama Melalui Gerak Jalan

Bupati Tatto S. Pamuji melepas peserta Jalan Sehat Bareng Ramane di Lapangan Jati Persada Kecamatan Cilacap Tengah. (Foto; Pemkab Cilacap)

Cilacap – Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan olahraga yang dinamakan dengan “Jalan Sehat Bareng Ramane,” kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengkampanyekan gerakan hidup sehat, Jumat (22/11/2019).

Kegiatan ini diawali dengan senam sehat bersama kemudian diikuti dengan jalan sehat. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara untuk memperingati HUT ke – 48 KORPRI, Hari Guru Nasional, dan Hari Kesehatan Nasional. peserta yang berasal dari jajaran pemerintahan Kabupaten Cilacap, insan kesehatan dan pendidikan.

Doorprize untuk memeriahkan acara ini oleh panitia menyediakan televisi LCD 32 inch, belasan sepeda gunung dan sepeda anak, serta hadiah utama berupa satu unit sepeda motor.

Peserta dilepas Bupati Tatto Suwarto Pamuji di Lapangan Jati Persada, Kecamatan Cilacap Tengah. Untuk kegiatan jalan sehat, peserta menempuh rute Jalan Kalimantan – Jalan Lingkar Selatan – Jalan Setiabudi – Jalan dr. Rajiman – Jalan Kalimantan, dan finish kembali di Lapangan Jati Persada, Cilacap Tengah. Usai jalan sehat, peserta dihibur penampilan BMD Band dan organ tunggal, dalam acara ini, Bupati beserta Forkopimda turut berbaur menikmati hiburan musik bersama masyarakat.

Setelah penyelenggaraan berbagai perlombaan dan seni budaya, puncak HUT KORPRI, Hari Kesehatan Nasional, HUT PGRI ke – 74, dan Hari Guru Nasional tingkat Kabupaten Cilacap akan diperingati secara bersamaan dalam Upacara Bendera yang dilaksanakan pada 29 November 2019.

Meningkatkan Kesadaran Berolahraga dukung Peningkatan Kesehatan bagi Masyarakat

Ada tiga faktor yang berdampak pada partisipasi olahraga, yaitu faktor individu, faktor lingkungan, dan faktor sosial budaya. Partisipasi masyarakat dalam melakukan kegiatan olahraga semakin meningkat yang ditunjukkan dengan peningkatan partisipasi masyarakat dalam kegiatan-kegiatan olahraga yang diadakan oleh lingkungan sekitarnya.

Pada hakikatnya pembangunan olahraga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan dan sekaligus merupakan kebutuhan manusia. Oleh karena itu, pembangunan olahraga merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pembinaan dan pembangunan bangsa dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya insani, terutama diarahkan pada peningkatan kesehatan jasmani dan rohani, serta ditujuan untuk membentuk watak dan kepribadian yang memiliki displin dan sportivitas yang tinggi. (Dalam jurnal MEDIKORA; Yudik Prasetyo; Kesadaran Masyarakat Berolahraga Untuk Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Nasional; peneliti dari Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi FIK UNY)

Kesadaran masyarakat untuk berolahraga memberikan kontribusi dalam pembangunan individu dan masyarakat yang cerdas, sehat, terampil, tangguh, kompetitif, sejahtera, dan bermartabat. Hal tersebut mengandung makna bahwa kedudukan olahraga amat penting dan strategis dalam posisinya, karena memiliki kompetensi yang tinggi dalam memengaruhi keberhasilan pembangunan sektor lainnya terutama yang berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kehidupan masyarakatnya.

Untuk mewujudkan tercapainya tujuan peningkatan kesehatan masyarakat, pembangunan olahraga harus dijadikan sebagai gerakan nasional. Gerakan nasional ini perlu terus dibangun dan ditingkatkan agar lebih meluas dan merata di seluruh tanah air untuk menumbuhkan dan menciptakan budaya olahraga yang sehat. Perlunya penyediaan sarana dan prasarana olahraga yang memadai baik di lingkungan sekolah, pekerjaan maupun pemukiman sehingga memungkinkan segenap lapisan warga masyarakat melakukan olahraga dan berbagai aktivitas jasmani. (Dalam jurnal MEDIKORA; Yudik Prasetyo; Kesadaran Masyarakat Berolahraga Untuk Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Nasional; peneliti dari Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi FIK UNY)

Add Comment