Peran Teknologi Informasi dalam menyongsong Industri Kreatif di Indonesia

Gelaran Industri Kreatif yang dihadiri oleh Asisten 2 Nugroho Tri Waluyo yang diselenggarakan di Aula Gedung Setda Kebumen Senin (11/11) malam. (Foto; Pemkab Kebumen)

Kebumen –  Gelaran Industri Kreatif yang dibuka Asisten 2, Nugroho Tri Waluyo ini diselenggarakan di Aula Gedung Setda Kebumen Senin (11/11) malam.Tak hanya menampilkan potensi lokal, kegiatan yang akan berlangsung hingga Kamis (14/11) ini juga dipenuhi dengan pameran produk kreatif dari berbagai kabupaten tetangga.

“Dengan gelaran industri kreatif ini diharapkan dapat membawa Kabupaten Kebumen semakin dikenal luas, baik produk unggulan, seni budaya, kuliner, fashion maupun produk kreatif lainnya”. Ujarnya Nugroho Tri Waluyo dalam sambutannya.

Nugroho Tri Waluyo dalam sambutan dalam sambutannya juga mengatakan, gelaran industri kreatif ini menjadi semacam one stop learning and shopping yang dapat membawa pengunjung untuk melihat, mengenali, mempelajari, dan memahami kompleksitas paradigma mutakhir ekonomi kreatif.

Bupati berpesan melalui Nugroho Tri Waluyo juga menyampaikan agar industri kreatif terus dibina, dikelola dengan baik dan bisa menjadi prioritas program. Dengan berbagai langkah dan strategi, maka Kebumen akan menjadi kabupaten kreatif. Dimana masyarakatnya mampu melahirkan beragam bisnis kreatif.

Jika rutin dilaksanakan tentu kegiatan ini dapat mendongkrak berkembangnya IKM Kebumen sehingga bisa menghasilkan produk produk yang lebih kreatif dan inovatif.

“Semakin banyak pengusaha yang tertarik dengan produk produk IKM Kebumen, serta IKM Kebumen yang maju akan mendorong kenaikan PDRB kabupaten Kebumen dan mengurangi angka Kemiskinan,” ungkap Nugroho Tri Waluyo.

Peran Teknologi dalam menyongsong Industri Kreatif di Indonesia

Di era digital seperti sekarang ini, peluang industri kreatif semakin terbuka. Ekonomi kreatif merupakan sebuah usaha baru dengan mengintensifkan informasi dan kreativitas, mengandalkan ide dan pengetahuan sumber daya manusia sebagai faktor penggerak utama perekonomian.

Teknologi informasi (TI) merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Dengan Ti manusia mampu melakukan sesuatu dengan lebih cepat, tepat dan efisien. Ti bahkan dibutuhkan oleh anak-anak, remaja, dewasa dan orangtua. Saat ini ti terbilang tidak dapat dipisahkan dari individu dan kelompok/ organisasi. Hal ini terjadi karena nilai fungsional dari ti itu sendiri. (Ramalina Silaen; Peran Teknologi dalam Industri Kreatif Indonesia)

Dalam industri kreatif khususnya peranan teknologi informasi menjadi dominan dalam menghasilkan karya kreatif. Diantara 13 kelompok industri kreatif, setidaknya 10 industri sangat terkait erat dengan teknologi informasi. Industri tersebut yaitu industri periklanan, arsitektur, disain, video, film dan fotografi, permainan interaktif (game), musik, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, juga riset dan pengembangan. (Ramalina Silaen; Peran Teknologi dalam Industri Kreatif Indonesia)

Koordinasi pemerintah diharapkan dapat membantu pertumbuhan industri kreatif yang sedang berkembang pesat saat ini. Dengan demikian nilai fungsional TI menjadi sinkron dengan industri kreatif dan sektor ekonomi kreatif.

Add Comment