Festival Buah dan Bonsai Berikan Semangat Konsumsi Buah dan Sayur

Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji (berkacamata hitam) menyaksikan salah satu produk buah unggulan dalam kontes buah di Lapangan Krida Nusantara, Sabtu (16/11/2019), (Foto; Pemkab Cilacap)

Gumilir, Cilacap Utara – Festival Buah dan Bonsai secara resmi oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, di Lapangan Krida Nusantara, Sabtu (16/11/2019) yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pertanian. Tujuannya dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan potensi buah buahan lokal di Kabupaten Cilacap. Bupati berharap agenda ini dapat digelar tiap tahun, sehingga produk buah unggulan dari Cilacap makin  dikenal masyarakat.

Tema yang diangkat dalam Festival Buah dan Bonsai 2019 ini adalah “Gemar Konsumsi Buah dan Sayur Sebagai Implementasi Bangga Mbangun Desa”. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto, berharap kegiatan ini meningkatkan kegemaran masyarakat terhadap konsumsi buah dan sayuran.

Acara ini dimeriahkan berbagai macam perlombaan, salah satunya adalah kontes buah. Adapun buah yang dilombakan seperti pisang, pepaya, dan nanas. Selain itu ada pula lomba mengukir buah, merangkai buah, serta lomba mewarnai untuk anak TK/PAUD, dan pameran tanaman hias dan bonsai.

Pentingnya Mengkonsumsi Buah dan Sayur bagi Tubuh

Sayur dan Buah adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin, mineral dan beberapa enzim yang bermanfaat untuk fungsi pencernaan, kardiovaskuler dan mencegah Diabetes Mellitus. (Dalam jurnal Ptria terbitan ISSN : 2656-5455, Ni Luh Widani, peneliti dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus Jakarta; Penyuluhan Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayur pada Remaja di Sos Desataruna Jakarta)

Tubuh sangat memerlukan akan konsumsi buah dan sayur untuk menyeimbangkan kondisi yang ada di dalam tubuh. Dampak kekurangan buah dan sayur tentu tidak dalam jangka pendek. Kandungan dalam buah-buahan dan sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh. Serat, misalnya, akan membantu memperlambat penyerapan gula sehingga kadar gula di dalam tubuh tidak berlebihan dan stabil sehingga dapat mencegah penyakit

Diabetes melitus dan penyakit pembuluh darah lainnya. Kekurangan sayuran dan buah-buahan dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan yaitu buang air besar menjadi tidak lancar, diperkirakan kematian akibat saluran cerna sebesar 14 persen, kematian akibat penyakit jantung koroner sebesar 11 persen, dan kematian akibat stroke sembilan persen. (Dr.Fiastuti Witjaksono, SpGK dalam Kompas.com)

Disarankan setiap elemen masyarakat terlibat dalam gerakan masyarakat yang dicanangkan oleh pemerintah dengan selalu mengkonsumsi buah dan sayur. Remaja adalah kelompok umur yang rentan kurang mengkonsumsi buah dan sayur karena adanya kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji, untuk itu peran sekolah dan orang tua sangat dibutuhkan dalam penyediaan buah dan sayur. Perlu ada informasi yang jelas tentang beragam jenis sayur dan buah serta manfaatnya. Dengan konsumsi buah dan sayur yang beragam dan berimbang maka kebutuhan zat gizi akan terpenuhi.

Add Comment