Dukungan Sosial dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri Seorang Atlet

Penyerahan Piala Kejuaraan Bulutangkis dalam HUT KORPRI ke – 48. (Foto; Pemkab Cilacap)

Cilacap – HUT ke – 48 KORPRI tingkat Kabupaten Cilacap menyelenggarakan agenda bulutangkis, Rabu (13/11/2019). Cabang olahraga ini menjadi agenda rutin dalam agenda hari jadi KORPRI setiap tahun.

Tim A Bulutangkis Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Cilacap berhasil menjadi Juara I dalam pertandingan bulutangkis tersebut. Disusul kemudian Tim dari Kecamatan Jeruklegi menempati posisi Juara II, dan Juara III (bersama) diraih Tim Kecamatan Cilacap Selatan dan Tim Setda B.

Nantinya para Juara tersebut akan kembali bertanding mewakili Kabupaten Cilacap pada ajang Pekan Olahraga dan Seni Wilayah Perbatasan (Porsenitas) Kunci Bersama pada 26 – 29 November 2019.

“berbagai pertandingan yang digelar diharapkan dapat menumbuhkan jiwa dan semangat sportivitas dari para atlet. Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahim serta mengukir prestasi para anggota KORPRI Kabupaten Cilacap,” ujar Farid Maruf selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap.

Pentingnya Dukungan Sosial terhadap Motivasi Berprestasi bagi Para Atlet.

Dukungan sosial bagi para atlet sangatlah penting, bahkan salah satu faktor yang mempengaruhi kepercyaan diri seorang atlet dalam meraih prestasi adalah dukungan sosial. Atlet yang berprestasi tidak lepas dari perhatian dan dukungan orang yang berarti bagi subjek. Bila memperoleh dukungan, ia akan melangkah lebih yakin dan tidak mengalami kegamangan dalam bertindak. (Hartini dalam Kholid Hidayat ; Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Kepercayaan Diri Atlet Pencak Silat Jawa Tengah).

Keluarga, lingkungan pendidikan dan lingkungan sosial adalah peran utama bagi anak dalam memberikan suport sosial yang positif, sehingga akan membentuk mental percaya diri yang tingi bagi anak tersebut.

Percaya diri adalah instrumen dari dalam diri seseorang yang dapat meyakinkan diri sendiri untuk percaya bahwa diri sendiri mampu untuk menjadi juara, dalam artian disini adalah prestasi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Ayang Wahyuningrum Widodo dan Desi Nurdiawati dalam jurnal “Hubungan Antara Kecemasan Bertanding Dan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Berprestasi Pada Atlet Pencak Silat Perguruan Pencak Organisasi Sidoarjo” membuktikan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada para atlet. Maksud dari kalimat tersebut menunjukan bahwa dukungan sosial sangat mempengaruhi seorang atlet dalam dorongan untuk mendapatkan prestasi dalam kejuaraan-kejuaraan.