Manfaat Pemerintah Daerah dalam Menjalin Hubungan Internasional

Kunjungan Duta Besar Palestina HE Zuhair Al Shun(tengah), bersama jajaran Pemda Banyumas, (foto; Pemkab Banyumas)

Purwokerto – Kunjungan Duta Besar Palestina HE Zuhair Al Shun ke Banyumas dan ditemui Bupati Banyumas di ruang Joko Kaiman, Pendopo Sipanji pada hari Jumat, (8/11/2019). Achmad Husein bersama jajaran dalam kunjungan tersebut mereka berbicaral seputar kondisi Palestina yang terjadi akhir-akhir ini.

HE Zulhair menuturkan bahwa Palestina masih dalam jajahan Israel pada hari ini. Menurutnya Resolusi PBB tak membuat Israel mereda, bahkan mereka berani untuk meningkatkan invasi ke wilayah perbatasan. Israel terus mendesak dan memasuki area situs-situs penting Palestina. Sebut saja Al Quds, Gaza, Tanah Merah dan sebagainya.

“Kami membutuhkan dukungan dari umat muslim dunia khususnya pula Banyumas, untuk dapat mengunjungi Palestina dalam paket umroh,” ujar Zuhair.

“Kami bersama beberapa pejabat Pemda Banyumas akan mengunjungi Palestina dalam paket umroh meskipun dengan biaya pribadi. Kunjungan ke Palestina untuk melihat hal apa saja yang dapat dikerjasamakan dengan Pemda Banyumas,” ujar Achmad Husein.

Zuhair juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah membuat kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Kerjasama kali ini terkait pemberian beasiswa 10 mahasiswa dari Palestina untuk kuliah di UMP.

“Banyak hal yang dapat dikerjasamakan antara Palestina dengan Pemda Banyumas seperti bidang budaya, pertanian,” tambah Zuhair.

Menjalin Hubungan Internasional melalui Pemerintah Daerah

Pelaksanaan Otonomi Daerah telah membuka peluang keikutsertaan Daerah sebagai salah satu komponen dalam penyelenggaraan hubungan dan kerjasama luar negeri. Peluang Daerah untuk ikut serta berkiprah dalam penyelenggaraan hubungan dan kerjasama luar negeri tertuang jelas pada undang – undang Nomor: 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Hal tersebut menguatkan Pemerintah Daerah untuk membentangkan sayap dalam dunia internasional. (Reni Windiani; Hubungan Luar Negeri Indonesia Era Otonomi Daerah)

Menjalin hubungan internasional yang dibangun melalui Pemerintah Daerah adalah suatu upaya sangat baik secara kelembagaan yang dibangun oleh pemerintah daerah terkait. Hal tersebut selain untuk menjalin ikatan kerjasama juga dapat digunakan sebagai branding bagi daerah tersebut di mata internasional.

Pemerintah Daerah sebagai salah satu dari non-state actor dalam hubungan internasional, dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk kemajuan serta peningkatan kesejahteraaan masyarakat. Namun demikian peluang kesempatan ini sudah semestinya dimanfaatkan dengan sangat bijaksana dengan mengingat pada rambu-rambu yang ada. (Reni Windiani; Hubungan Luar Negeri Indonesia Era Otonomi Daerah)

Pentingnya Pemerintah daerah juga dalam menjalin kerjasama dengan dunia internasional adalah menjadi wadah bagi para SDM yang ada didaerah tersebut untuk bisa melangkah di dunia internasional, seperti pertukaran antar pelajar dan sebagainya.