Tingkatkan SDM Aparatur Desa Melalui Pelatihan

Acara pembekalan dan peningkatan kapasitas Perangkat Desa yang diselenggarakan di Hotel Moroseneng Baturraden beberapa waktu lalu. (Sumber: Pemkab Banyumas).

Sumbang, BANYUMASDAILY.COM ** Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur desa melalui pelatihan, bimbingan teknis serta pendampingan merupakan kebutuhan perangkat desa. Seiring perubahan paradigma penyelenggaraan di pemerintahan desa juga banyak perangkat desa yang baru diangkat dengan latar belakang pendidikan yang bervariatif.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Banyumas Achmad Husein dalam acara pembekalan dan peningkatan kapasitas Perangkat Desa yang diselenggarakan di Hotel Moroseneng Baturraden beberapa waktu lalu.

“Melalui forum ini juga saya meminta, agar lebih menekankan kerja sama dan gotong royong. Yang baik harus berbagi dengan yang kurang baik dan yang belum baik jangan malu bertanya kepada yang sudah baik, sehingga semua aparatur desa dapat menjalankan tugas, fungsi dan tanggungjawab pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan,” kata Achmad Husein seperti dikutip laman Pemkab Banyumas.

Meskipun baru diselenggarakan untuk pertama kalinya kegiatan yang menggunakan dana desa, namun kegiatan ini mendapatkan respon positif dari Achmad. Dia berharap setelah mengikuti pelatihan para perangkat dapat meningkatkan kapasitas, fresh, dan dapat menemukan ide yang cerdas dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Kepada para pemateri jangan terlalu tegang, lebih banyak pada permainan dan diskusi agar ilmu yang disampaikan lebih aplikatif,” pesannya.

Kedepannya, kegiatan yang nantinya diikuti sebanyak 222 Kepala Desa dan Perangkat Desa sekecamatan Sumbang akan kembali diselenggarakan secara berkala. Namun, untuk tetap dapat memberi pelayanan kepada masyarakat, setiap desa menugaskan dua perangkat untuk piket dibalai desa dan setelah usai jam dinas, mereka akan bergabung mengikuti diklat.

“Pelatihan bagi aparatur desa perlu terus ditingkatkan, agar ke depan aparatur desa mampu meningkatkan kinerja, disiplin, kemampuan manajerial dan profesional,” ungkap Camat Sumbang, Nungky Hari Rahmat selaku penyelenggarakan kegiatan.