Pawai Taaruf Sambut Tahun baru Islam

Pemkab Banyumas bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menggelar pawai taaruf untuk menyambut tahun baru 1439 Hiriyah, Rabu (20/9/2017). Acara digelar di alun-alun Purwokerto. (Sumber: Pemkab Banyumas).

Purwokerto, BANYUMASDAILY.COM ** Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menggelar pawai taaruf untuk menyambut tahun baru 1439 Hiriyah, Rabu (20/9/2017). Kegiatan dilaksanakan di Alun-alun Purtwokerto.

Kepala Bagian Kesra Setda Banyumas, Fatikhul Iksan, mengatakan Pawai Taaruf diikuti oleh Sekolah Madarasah Aliyah (MA) Madarsadan Ibtidaiyah (MI), Madarasah Tsanawiyah (M.Ts), Pondok Pesantren, Madarasah Diniyah (Madin) dan Taman Pendidikan Alquran (TPQ).

“Selain sekolah tersebut yang ingin mengikuti kegiatan juga dibolehkan dengan mendaftar di Kantor Kementrian Agama untuk sekolah dan oragnisasi yang berbasis Agama Islam. Untuk sekolah umum mendaftar di Bagian Kesra Setda Kabupaten Banyumas,” kata Fatikul seperti dikutip laman Pemkab Banyumas.

Sesuai rencana, rombongan pawai diberangkatkan dari Alun-alun Purwokerto pada pukul 19.30 WIB. Rute yang dilewati adalah Jl. Jenderal Sudirman, sampai pertigaan Jl. Merdeka ke utara sampai Tugu Pembangunan. Rombongan pawai kemudian diarahkan ke arah barat menyusuri Jl. Gatot Subroto sampai perempatan Jl. Masjid, kemudian ke selatan dan kembali ke Alun-alun Purwokerto.

Fatikhul mengatakan sebelum kegiataan pawai, pada Rabu sore, Bupati Banyumas bersama unsur Pimpinan Forkompinda, ulama dan kepala SKPD melakukan doa akhir tahun. Saat itu juga dilakukan pemukulan bedug sebagai pertanda berakhirnya tahun 1438 H dan datangnya tahun baru 1439 Hijiriyah. Kemudian setelah salat magrib dilakukan doa awal tahun.

Untuk menyemarakan suasana, juga diadakan panggung seni islami yang diisi oleh Hadroh Elsas dari Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok di Alun-alun Purwokerto.

Fatikhul mengatakan kegiatan tersebut digelar tanpa obor. Peserta pawai tidak diizinkan menggunakan obor. Hal itu untuk mengurangi risiko kebakaran, sebab saat ini musim kemarau. Sebagai gantinya, para peserta dibolehkan membawa lampu baterai.

Pawai taaruf digagas oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein. “Bupati berpesan agar dalam merayakan tahun baru Islam atau Hijriah agar masyarakat lebih memperbanyak doa, sholawat dan takbir secara khusyuk. Agar semua diampuni dosanya di tahun lampau dan akan diberi petunjuk serta bimbingan agar diberi keselematan dan kesuksesan pada tahun yang akan datang,” kata dia.