Ratusan Calon Guru UMP Ikuti Magang

Pelepasan Ratusan calon guru dari FKIP UMP untuk magang mengajar di 61 sekolah di Banyumas. (Sumber: UMP)

Ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dilepas untuk magang mengajar di 61 sekolah di Banyumas. Mereka akan menjalankan tugas sebagai asisten guru setempat selama sebulan ke depan.

Dikutip dari laman UMP, Pada Senin (4/8/2017), Rektor UMP, Syamsuhadi Irsyad melepas peserta magang 3. Mereka adalah mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 yang sebelumnya telah melaksanakan magang 1 dan magang 2. Syamsuhadi berharap mahasiswa peserta magang 3 dapat bekerja dan menjaga nama baik almamater.

“Saya bangga kepada UMP yang dapat mewujudkan cita-cita Nyai Ahmad Dahlan, yang memperjuangkan hak-hak wanita sehingga 491 wanita ini dapat berdiri berdampingan dengan 149 laki-laki untuk menjadi calon guru” kata Syamsuhadi seperti dikutip dari laman UMP.

Para peserta magang selanjutnya diterjunkan ke 61 sekolah yang tersebar di Kabupaten Banyumas. Sekolah-sekolah yang ditempati adalah sekolah yang berkualitas di Purwokerto baik di jenjang SMP maupun SMA.

Disebutkan, untuk meningkatkan kualitas mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP telah merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan sekarang dan masa yang akan datang.

Tujuannya, agar ketika lulus, mahasiswa FKIP UMP menjadi pendidik yang professional. Pada rancangan kurikulum tersebut di antaranya ada program magang yang terdiri dari magang 1, magang 2, dan magang 3.

Magang 1 dilaksanakan untuk mahasiswa semester 2. Pada tahap itu peserta magang akan melakukan observasi lingkungan sekolah, melihat sudut pandang sebagai seorang guru. Proses tersebut diharapkan dapat membentuk karakter dan jati diri seorang calon pendidik.

Untuk magang 2 dilaksanakan saat mahasiswa masuk semester 4. Pada tahap tersebut mahasiswa akan merancang dan mengembangkan media pembelajaran. Terakhir adalah magang 3 yang dilakukan setelah mahasiswa menjalankan magang 1 dan 2.

Pada tahap terakhir mahasiswa dianggap telah mampu mengajar setelah digembleng dengan micro teaching selama satu semester. Tugas peserta magang bukan lagi membantu, melainkan akan menjadi asisten guru pamong selama magang.

Untuk pelaksanaannya, magang 1 dan magang 2 dilaksanakan selama 2 minggu. Sedangkan untuk magang 3 dilaksanakan selama 1 bulan.

Program magang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa dari 9 Program Studi di FKIP. Di antaranya adalah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Geografi.