450 Relawan Hadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana BPBD Cilacap

BPBD Cilacap saat pendistribusian air bersih. (Foto: Humas Kabupaten Cilacap)
BPBD Cilacap saat pendistribusian air bersih. (Foto: Humas Kabupaten Cilacap)

Gandrungmangu, BANYUMAS DAILY ** Sekira 450 relawan menghadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Sabtu (22/10/2016). Relawan berperan sangat penting dalam mitigasi dan kedaruratan bencana. Selain itu, BPBD Cilacap berencana memetakan dan mengkonsolidasikan relawan bencana di Kabupaten Cilacap.

“Sesuai rencana awal, kegiatan ini dilaksanakan di wilayah Distrik Cilacap Barat, karena relawan bencana Cilacap kebanyakan berasal dari wilayah tersebut,” ujar Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto, dirilis Humas Kabupaten Cilacap.

Menurut Tri Komara, 450 orang relawan bencana tersebut berasal dari berbagai unsur dan kesatuan, seperti Palang Merah Indonesia (PMI), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Barisan Serba Guna (Bagana) NU, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Cilacap Rescue, Senkom Mitra Polri, Giri Kelana, dan sebagainya.

Selain relawan, apel kesiapsiagaan bencana diikuti segenap jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari dinas dan instansi terkait.

“Melalui agenda ini, pihaknya ingin menjalin silaturahmi dan melakukan pendataan relawan di Kabupaten Cilacap. Dengan database yang ada, nantinya BPBD Cilacap akan menerbitkan Kartu Tanda Anggota untuk segenap unsur relawan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan koordinasi dalam upaya tanggap darurat dan mitigasi bencana, karena selama ini keberadaan relawan belum pernah terdata secara akurat,” terangnya.

Penghargaan Tingkat Nasional

Pada 2012, BPBD Cilacap mendapatkan dua Penghargaan Tingkat Nasional dari Kepala BNPB, masing-masing Terbaik I untuk kategori Tanggap Darurat dan Terbaik II untuk kategori Logistik dan Peralatan. Penghargaan diberikan saat Rapat Koordinasi BPBD Tingkat Nasional bersamaan dengan peringatan Ulang Tahun BNPB ke-4.

Menurut Kepala BPBD Cilacap, Wasi Ariyadi, menuturkan, penghargaan yang diterima adalah penghargaan untuk seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Cilacap, khususnya yang terkait dalam penanganan kebencanaan, baik dari unsur masyarakat, dunia usaha, maupun Pemerintah Daerah, mengingat penyelenggaraan penanggulangan bencana adalah tanggung jawab bersama tiga pilar tersebut.

Menurutnya, seluruh jajaran BPBD Kabupaten Cilacap sekadar melaksanakan tugas pokok dan fungsi penanganan bencana dengan sebaik-baiknya dan seoptimal mungkin, sesuai yang diamanahkan, dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan tidak pernah berpikir untuk mendapatkan penghargaan.

“Akan tetapi, ketika hasil kerja dan pengabdian tersebut kemudian dihargai oleh Pimpinan, tentunya wajib untuk disyukuri dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami, sekaligus dijadikan sebagai pijakan untuk memotivasi seluruh jajaran BPBD Kabupaten Cilacap dalam rangka meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada warga masyarakat baik pada tahapan Pra Bencana, Tanggap Darurat, maupun Pasca Bencana,” tandasnya.